-->

Sekilas Tentang Burung Bangau Sandang-lawe & Bangau Tong-tong Ciconiidae

Burung Kicau Nusantara - Bungau bangau merupakan salah satu burung yang biasa hidup daerah rawa, persawahan dan juga daerah laut karena burung bangau makanan utamannya adalah ikan, burung bangau sendiri ada beberapa jenisnya adapun jenis burung bangau adalah sebagai berikut :

Ciconia episcopus
Bangau Sandang-lawe
Woolly-necked Stork

Sekilas Tentang Burung Bangau Sandang-lawe & Bangau Tong-tong Ciconiidae

Kalau anda berkehendak menjelajahi seluruh savana Bekol mungkin anda akan menemukan burung ini dalam kelompok kecil atau sendirian sedang mencari makan sambil bergabung dengan kelompok Merak Hijau. Atau kalau sedang sedikit tidak beruntung anda “hanya” akan melihat dia sedang terbang tinggi dari atau ke hutan pantai di wilayah timur kawasan. Ukurannya besar (86 cm). Selain suka mengunjungi daerah savana, dia sangat gemar dengan lahan-lahan basah yang digenangi air yang tenang. Pernah tercatat di genangan air sisa musim penghujan di Curah Uling di utara Evergreen.Memiliki ciri khas leher yang ditumbuhi bulu-bulu halus berwarna putih seperti kapas. Ujung paruh dan mahkota berwarna hitam.


Leptoptilos javanicus
Bangau Tong-tong
Lesse Adjuntant
Sekilas Tentang Burung Bangau Sandang-lawe & Bangau Tong-tong Ciconiidae

Pada saat air laut surut biasanya Bangau tong - tong mudah ditemukan khususnya disekitar panatai Bama, Kalitopo, Kajang, Batu hitam, Balanan, dan Simacan, burung ini berdiri diam atau berjalan-jalan di air yang dangkal untuk berburu ikan. Belum dapat ditentukan dengan pasti populasi Bangau Tong-tong di Taman Nasional Baluran, tapi di setiap pengamatan selalu tercatat tidak lebih dari 2 ekor. Tidak jarang burung ini terpantau di tengah savana bersama-sama dengan kelompok Bangau Sandang-lawe dan terkadang dengan kelompok Merak Hijau. Ukurannya yang sangat besar (110 cm) dengan kepala botak, wajahnya yang “buruk” membuat dia mudah dikenali. Bisa didekati dengan gerakan yang tidak terlalu agresif.

referensi  : dari berbagai sumber buku, omkicau.com, wikipedia, blog dan web di google

Itu tadi merupakan informasi  Sekilas Tentang Burung Bangau Sandang-lawe & Bangau Tong-tong Ciconiidae, yang bisa Burung Kicau Nusantara sampaikan semoga dengan sedikit informasi ini bisa bermanfaat buat anda semua, dan kami akan selalu update informasi secara berkala jadi pastikan anda tidak ketinggalan informasi yang menarik yang kami update.

Baca juga artikel terkait :

0 Response to "Sekilas Tentang Burung Bangau Sandang-lawe & Bangau Tong-tong Ciconiidae"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel