-->

Bird of Prey - Elang Tikus -Spotted Kestrel & Black-thighed Falconet

Burung Kicau Nusantara -Tiga burung Elang yang memiliki keunikan tersendiri dan mempunya banyak penggemar Bird of Prey yaitu sebagai berikut :

Elanus caeruleus
Elang Tikus
Black-winged Kite
Bird of Prey - Elang Tikus -Spotted Kestrel-Black-thighed Falconet

Elang yang berukuran kecil (30 cm) ini agak jarang teramati di Taman Nasional Baluran. Mungkin populasinya juga tidak banyak, daerah jelajahnya belum bisa ditentukan dengan pasti. Lokasi perjumpaan paling sering adalah di sekitar pos Bekol ke timur melewati savana sampai hutan pantai Bama. Savana yang terbuka dengan pohon-pohon yang terpencar adalah lokasi kesukaan dia untuk berburu. Beberapa kali teramati di sepanjang jalan Batangan-Bekol. Mudah dikenali melalui warna bulunya yang dominan putih dan “topeng” hitam di sekitar mata. Terdapat bercak hitam pada bahu, dan ketika terbang terlihat jelas warna hitam pada ujung sayap. Sangat jarang terdengar suara, berupa siulan lembut “whiip, whiip”. Cenderung soliter.


Falco moluccensis
Alapalap sapi
Spotted Kestrel
Bird of Prey - Elang Tikus -Spotted Kestrel-Black-thighed Falconet

Tidak jauh berbeda dengan saudaranya, Alapalap Kawah, burung ini juga sangat jarang dijumpai di Taman Nasional Baluran. Beberapa kali pengamatan dia ditemukan di sekitar Blok Pondok Mantri, Blok Unggahan Asem, Kawah Gunung Baluran, Savana Bekol dan di Blok Gatel. Blok Unggahan Asem , Balanan memiliki tebing-tebing yang sangat tinggi, diperkirakan lokasi tersebut dijadikan sebagai lokasi bersarang. Begitu juga di Kawah Gunung Baluran yang memiliki banyak tebing-tebing terjal dan lereng-lereng gundul. Suka mengintai mangsa sambil terbang melingkar sambil mengepak-ngepakkan sayap, kemudian menukik tajam dan cepat begitu menemukan mangsa. Berukuran sedang (30 cm) dengan warna dominan coklat gelap.

Microhierax fringillarius
Alapalap Capung
Black-thighed Falconet

Bird of Prey - Elang Tikus -Spotted Kestrel-Black-thighed Falconet


Alap-alap capung penyebarannya hampir diseluruh kawasan Taman Nasional Baluran terutama di hutan musim dataran rendah dan hutan pantai, bertengger di atas ranting kering mengamati daerah sekelilingnya untuk mencari mangsa, kadang memangsa burung-burung yang seukuran. Alap-alap bertubuh kecil ini (15 cm) ternyata bukan jenis yang sensitif, bahkan dia sangat mudah didekati untuk diambil fotonya tapi dengan catatan jangan mengendap-endap dari belakang. Alap-alap muda memiliki gradasi warna orange di kepala belakang mata dan antara mata dan paruh, serta paruh oranye. Pada saat bertengger mengeluarkan suara keras dengan lengkingan tinggi “syiuw” lalu diikuti “kli-kli-kli-kli”.

referensi  : dari berbagai sumber buku, omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit informasi tentang  Bird of Prey - Elang Tikus -Spotted Kestrel &  Black-thighed Falconet yang bisa Burung Kicau Nusantara sampaikan, dan pasti anda berkunjung kembali di blog Burung Kicau Nusantara kareana admin akan selalu update informasi-informasi menarik lainya untuk anda semuna secara berkala.

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Cari :

0 Response to "Bird of Prey - Elang Tikus -Spotted Kestrel & Black-thighed Falconet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel