-->

Ciri Elang Jawa - Javan Hawk-Eagle

Elang Jawa / Spizaetus bartelsi merupakam salah satu species langka Indonesia, menurut klasifikasi ilmiah burung Elang Jawa merupakan burung dari keluarga Accipitridae dan merupakan hewan Animalia adapun untuk ciri-ciri burung elang Jawa di antaranya adalah sebagai berikut :

Ciri-Ciri Elang Jawa :
  • Burug Elang Jawa memiliki ukaran tubuh antara 60 sampai 70cm
  • Burung elang jawa memiliki ciri jambul di atas kepalanya
  • Paruh burung elang berwarna hitam
  • Bulu pada kepala berwarna cokelat
  • Ekor berwarna kecokelatan dengan garis gelap
Untuk melihat lebih jelasnya anda bia melihah gambar burung Elang Jawa berikut ini :

Gambar Elang Jawa - Javan Hawk-Eagle

Burung Elang Jawa yang sempat menjadi “mitos” tentang keberadaannya di Taman Nasional Baluran. Banyak ahli yang mempercayai bahwa Taman Nasional Baluran tidak memiliki habitat yang ideal bagi Elang Jawa. Prediksi yang paling optimis adalah yang menganggap Elang Jawa di Taman Nasional Baluran adalah burung muda yang bermigrasi dari daerah asalnya yang lebih ideal. Namun dari beberapa kali pengamatan, dan keberadaan foto, cukup membuktikan bahwa mitos itu tidak benar. Pada tahun 2005, ditemukan seekor Elang Jawa yang terluka akibat terkena pulut yang dipasang pemburu liar. Namun nasibnya kurang beruntung karena dia tidak bisa bertahan dan mati. Sempat menjadi ketakutan itu adalah Elang Jawa terakhir di Taman Nasional Baluran, karena sejak saat itu tidak ada lagi catatan perjumpaan Elang Jawa. Namun baru-baru ini (tahun 2009), berkat pengamatan intensif di sekitar Kawah Gunung Baluran, harapan baru muncul dengan ditemukan lagi Elang Jawa, meskipun dalam kondisi cukup mengkhawatirkan karena dia cukup terdesak oleh elang lainnya. Bisa jadi dia adalah Elang Jawa pendatang.

referensi  : dari berbagai sumber buku, omkicau.com, wikipedia , blog dan web di google

Demikian tadi sekilas tentang Ciri-cir burung Elang Jawa yang admin dapat berbagai sumber mudah-mudahn sedikit informasi ini dapat menambah wawasan kita tentang mengenal burung Elang Jawa dan kita bisa menjaga dan bisa membudidayakan burung Elang Jawa tersebut yang merupakan burung langka Indonesia.

Salam Pecinta burung Bird of Prey
Artikel terkait yang mungkin anda cari :

0 Response to "Ciri Elang Jawa - Javan Hawk-Eagle"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel