-->

Tips Ternak Kenari Untuk Pemula

Ada beberapa faktor yang harus di perhatikan untuk membudidayakan burung kenari apalagi bagi para pemula.

Apa saja yang harus di perhatikan???

Berikut ini adalah bebrapa faktor yang harus di perhatikan


Perhatikan Jenis kelamin

Untuk bibit ternak yang bagus sebaiknya anda perhatikan bahwa bibit kenari untuk ternak haruslah sehat dan yang pastinya harus sepasang antara dan betina ada pun ciri- ciri kenari jantan dan betina adlah sebagai berikut
Tips Ternak Kenari Untukk Pemula, burung kenari, suara burung
  • Untuk kenari jantan biasanya pada usia 1.5 ke atas sudah bisa ngriwik
  • Untuk bentuk tubuh pada kenari jantan akan memiliki badan yang lebih ramping kalau betina gemuk
  • Lihat alat kelamin jantan atau pun betina ( dengan cara tiup bagiannya agar bulu disekitar tidak menghalangi) , jika betina sebaliknya / horisontal
    menonjol tegak lurus /vertikal untuk jantan
  • Untuk kenari jantan dewasa memiliki suara yang keras


Usia Bibit Ternak Kenari
Bibit yang baik untuk ternak kenari adalah sekitar umur 6 bulan sampai 8 bulan dan pastikan anda memilih di umur itu.
Sangkar 
Untuk membuat sangkar sebaiknya anda meletakkan di tempat yang jauh dari serangga pengganggu ataupun juga tikus untuk sangkar atau kandang usahakan kandang harus menempel pada dinding dan setiap kandang di beri penutup.

Penjodohan
Hal ini sangat penting karena ini hal agak sulit karena kita harus sabar menunggu agar burung bisa berjodoh, pada proses penjodohan ini banyak para pemula langsung memasukan kenari jantan dan betina langsung jadi satu padahal hal itu akan bisa berakibat kurang baik, karena tidak semua burung kenari itu langsung suka dengan lawan jenisnya sama seperti manusia juga yaitu perlu PDKT dulu istilahnya pada anak muda sekarang.

Untuk melakukan proses PDKT yang harus di lakukan adalah meletakkan sangkar kenari jantan dan betina dengan cara berdekatan biarkan burung itu mengenal pasangannya dulu setelah burung sudah saling kenal baru deh burung kenari jantan dan betina di jadikan dalam satu kandang.

Proses Peternakan
Untuk proses ini pastikan bahwa kenari sudah betul-betul senang terahadap pasanganya yaitu bisa dilihat saat tidur pada saat tidur apabila kenari sudah benar-benar suka maka si kenari akan  tidur secara bersamaan dan terlihat salah tingkah saat burung di dekatkan.

Selanjutnya dalam proses ini pastikan sarang atau kandang selalu bersih agar burung nyaman sehingga proses ternak bisa berjalan dengan lancar.
 referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit Tips Ternak Kenari Untuk Pemula semoga bisa bermanfaat untuk anda semunya dan harap kedatanganya kembali di blog burungkicaunusantara.com karena admin akan mencoba memberikan informasi yang menarik lainya secara berkala.

0 Response to "Tips Ternak Kenari Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel