-->

Akibat Burung Kicau Kekurangan Vitamin B-Complex

Burung kicau adalah burung yang sangat enggan berkicau apabila kebutuhan nutrisi , mineral dan vitaminnya tidak tercukupi salah satunya adalah kenutuhan Vitamin B, Vitamin adalah salah satu vitamin yang penting untuk burung kicau kita apabila ini kekurangan vitamin B maka burung ini akan menjadi malah berkicau berikut ini akan saya sampaikan sedikit informasi masalah vitamin B.

Berikut adalah beberapa gamabran apabila burung kicau kita kekurangan Vtamin B :
  • VITAMIN B1 (thiamine) 
Kekurangan zat ini bisa menyebabkan polyneuritis bagi burung seperti kejang kejang, burung menjadi lemah dengan kepala menghadap ke atas. 
Sumber makanan yang kaya akan vitamin ini sebagian besar berasal dari sumber tanaman, kacang tanah, kacang polong, gandum dan biji bijian yang sudah kering.


  • VITAMIN B2 (riboflavin)
Kekurangan vitamin ini pada burung bisa mengakibatkan jari jari kaki menjadi bengkok, sedangkan untuk burung burung tangkaran bisa menyebabkan kualitas telur yang buruk. vitamin B2 ini sangat dibutuhkan selama masa berkembang biak khususnya untuk penangkar murai batu dan harus selalu disediakan setiap harinya. selain itu vitamin B2 ini kerap digunakan pada manusia sebagai obat pencegah dan mengobat katarak karena seperti yg kita tahu bahwa murai batu sangat rentan terhadap katarak. 
telur, kacang hijau dan kacang kacangan merupakan sumber yang baik untuk vitamin B2


  • VITAMIN B3 (niacin)
Kekurangan dari vitamin b3 bisa menyebabkan pembesaran sendi, kaki bengkok (membungkuk), radang pada mulut, diare dan bulu bulu yang tidak tumbuh dengan sempurna. 


  • VITAMIN B5 (pantothenic acid)
Kekurangan vitamin B5 pada burung bisa disebut sangat jarang terjadi, kemungkinan yang berkaitan adalah penyakit kulit seperti dermatitis dan kulit yang mengelupas di sekitar mata dan paruh burung. 
  • VITAMIN B6 (pyridoxine)
Murai batu dan burung pemakan serangga lainnya membutuhkan Vitamin B6 yang cukup untuk mencernakan asam amino didalam kandungan pakan yang berprotein tinggi.
Vitamin B-complex ini bisa didapatkan burung dengan cara memberikan suplemen atau vitamin tambahan selain dari pemberian pakan maupun EF hariannya, karena kita sadari pakan dan EF tersebut masih kurang memiliki nilai kandungan nutrisi seperti yang diterimanya di habitatnya di alam liar. lalu apakah bentuk vitamin yang bisa diberikan ? 
Serbuk atau cairan yang mengandung banyak nutrisi yang bisa dengan mudah diserap oleh tubuh burung adalah salah satu bentuk yang paling banyak dan mudah didapat untuk konsumsi burung. jenis-jenis vitamin tersebut beragam dengan manfaat yang sangat berguna untuk burung kicauan didalam sangkar ataupun dalam penangkaran, dan yang paling saya rekomendasikan selain karena sudah banyak yang membuktikan kekhasiatannya dan juga banyaknya agen yang tersebar di seluruh Indonesia adalah BirdVit dan BirdMineral sebagai tambahan nutrisi pada burung kicauan. 


Akibat Burung Kicau Kekurangan Vitamin B-Complex

Semua vitamin dan mineral itu mudah seka;i untuk didapatkan di toko-toko burung di sekitar anda, sehingga anda tidak akan kesulitan tentunya dalam merawat burug kicau anda.

Demikian tadi salah beberapa informasi yang saya dapat sampaikan apabila burung kicau kita kekurangan Vitamin B sehingga denga informasi ini saya harapkan dapat memberi manfaat bagi kita bersama dalam merawat burung kicau tentunya, sekali terimakasih sudah berkunjung di blog saya dan salam kicau mania.




0 Response to "Akibat Burung Kicau Kekurangan Vitamin B-Complex"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel