-->

Cara Menjodohkan Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren adalah salah satu burung kicau yang banyak di cari oleh para pecinta burung kicau, kali ini saya akan membahas tentang cara menjodohkan burung Jalak Suren untuk menjodohkan burung jalak Suren ini perlu disipakan burung Jalak Suren antara umur 10 sampa 12 bulan dan kemudian akan dijodohkan pad umur 1 tahun untuk jantan dan 1,5 sampai 2 tahun unutuk si betina.

Cara Menjodohkan Burung Jalak Suren

Sebenarnya untuk menjodohkan burung jalak suren ini ada beberapa cara berikut ini akan saya sampaikan diantaranya :

Untuk burung Jalak Suren yang berjumlah banyak berikut ini adlah caranya:
  1. Penjodohan bisa dilakukan secara bebas. Artinya, masing-masing burung dibebaskan memilih pasangannya.
  2. Bila ada sepasang burung yang saling berdekatan, berkicau sahut-sahutan, dan bercumbu, itu pertanda jodoh.
  3. Burung yang sudah jodoh harus dipindahkan dalam kandang tersendiri. Biasanya burung yang sudah jodoh akan merajai di antara yang lain dan menyerang sesamanya atau sebaliknya diganggu oleh yang lain yang sama-sama jodoh atau berebut jodoh. Ini akan mengganggu proses perkawinan dan perkembangbiakan selanjutnya.

Penjodohan untuk dua Ekor burung Jalak Suren:
  1. Seekor jantan dan seekor betina, penjodohan dapat dilakukan dengan mendekatkan betina ke jantan.
  2. Masukkan burung betina dalam sangkar kecil atau sangkar gantung. Biarkan burung jantan dalam kandang penangkaran.
  3. Selanjutnya, masukkan sangkar kecil berisi burung betina ke dalam kandang penangkaran. Karena memiliki sifat berahi yang tinggi dan musim kawin sepanjang tahun, kedua burung ini akan segera jodoh.
  4. Burung yang sudah jodoh akan melakukan perkawinan 2-4 minggu setelah penjodohan. Selanjutnya, burung akan membuat sarang untuk bertelur pada tanaman yang banyak cabangnya.


Cara Merawatan anak Jalak Suren

Induk jalak suren akan menyuapi anaknya yang baru menetas dari telur dengan pakan berupa serangga, misalnya kroto, belalang, kupu-kupu, jangkrik, ulat hong-kong, ulat bambu, atau jenis serangga lain yang dijumpai. 
Anak jalak suren jarang disuapi buah-buahan. Demikian pula dengan anak yang sudah keluar dari sarang, pakan yang diberikan berupa serangga, sampai anakan umur 1-1,5 bulan. 
Setelah itu anak jalak suren mulai makan buah-buahan.Pemberian makanan dilakukan 1-2 jam sekali setiap hari. Kira-kira umur 1,5 bulan anak jalak suren sudah disapih oleh induknya.
Selanjutnya anak jalak suren dapat dipisah dari induknya dan diperlakukan seperti halnya jalak suren dewasa. 

Demikian tadi adalah cara informasi cara menjdohkan Jalak Suren baik yang memlalui yang berjumlah dua ekor sampai denga yang berjumlah banyak, dan saya sertakan pula cara merawat anak Jalak suren mudah-mudahan informasi ini bisa menambah informasi kita tentang tata cara merawat burung kicau dan juga pembudidayaannya.










0 Response to "Cara Menjodohkan Burung Jalak Suren"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel