-->

Cara Mencegah Penyakit Pullarum Atau Penyakit Berak Kapur Pada Ayam

BKN(Burung Kicau Nusnatara )-Pada musim penghujan seperti ini hewan-hewan unggas sangat rentan sekali terhadap penyakit, oleh karena itu banyak para peternak sangat berhati-hati apabila musim penghujan tiba, biasanya mereka sudah mempersipakan jauh-jauh hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Banyak penyakit yang menyerang di waktu musis hujan tiba salah satunya adalah pullarum atua berak kapur.

Penyakit Pullarum adalah jenis penyakit yang biasa menyerang  ayam , gejala atau tanda-tanda ayam terkena penyakit Pullarum adalah ayam akan menjadi lesu, pucat, bulu kusam dan nafsu makannya berkurang.
ayam, cara mengabati ayam,Cara Mencegah Penyakit Pullarum

Untuk mencegah penyakit dapat di lakukan sebagai berikut :
  1. Pastikan kandang dalam keadaan bersih selalu dan pastikan juga tempat makanan dan minuman selalu bersih kalau perlu cuci setiap harinya. Telur tetas hendaknya dipilih dari induk yang benar-benar sehat. Mesin tetas sebelum digunakan harus disucihamakan dengan formaldehyde sebanyak 40%. Ayam yang terkena penyakit sebaiknya dipisahkan dari kelompoknya, sedangkan ayam yang sudah parah dimusnahkan.
  2. Jangan mengambil induk jantan dan betina yang pernah terserang penyakit berak kapur.
  3. Dapat diberikan antibiotik untuk pengobatan. Pengobatan berak kapur dilakukan dengan menyuntikkan antibiotik seperti furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas di dada ayam. Pengobatan juga dapat dilakukan dengan menggunakan preparat sulfonamide. Pemberian furazolidone pada anak ayam akan mengurangi angka kematian. Furazolidone diberikan melalui pakan dengan dosis 100 gram/ton pakan yang diberikan selama 2 minggu. Fumigasi pada incubator dan hatcer dengan uap formaldehyde dapat menekan penyebaran Salmonella pullorum dan memusnahkan residu infeksi di antara periode penetasan telur.Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com,wikipedia.org , blog dan web di google
Demikian tadi cara untuk mencegah penyakit Pullarum pada ayam yang saya dapat sampaikan, cara itu saya dapat dari forum pecinta ayam dan semoga apa yang saya sampaikan itu dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit ayam Berak Kapur, semoga bermanfaat.

Pastikan anda mengunjungi blog burungkicaunusantara.com karena admin akan memperbaharui informasi-informasi yang bermanfaat lainya.

Baca juga artikel terkait lainya :

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Pullarum Atau Penyakit Berak Kapur Pada Ayam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel