-->

Cara Menanggulangi Berbagai Macam Penyakit Pada Ayam

Sebenar ayam kampung adalah salah satu ayam yang termasuk jarang terserang penyakit , tapi tidak mungkin kan selamanya ayam akan kebal akan penyakit berikut ini akan saya sampaikan berbagai macam penyakit pada ayam dan cara penanggulangnya, sehingga kita bisa mencegah merabahnya penyakit ini pada ayam yang lain.

Berikut adalah Macam Penyakit Pada Ayam Dan Cara Penanggulangnya :

Jenis Penyakit

Berikut ini beberapa penyakit yang sering menyerang ayam kampung.


Cara Menanggulangi Berbagai Macam Penyakit Pada Ayam
  • Berak Kapur
Berak kapur disebabkan oleh bakteri (Salmonella pullorum). Penyakit ini lebihsuka menyerang anak ayam dan ayam dara. Penularannya melalui : Telur; Kontak langsung antara ayam sehat dengan ayam yang sakit; peralatan penetasan dan peralatan-peralatan kandang yang kurang bersih.
  •  Sesak napas
Sesak napas penyebabnya adalah bakteri (Mycroplasma gallisepticum). Penyakit ini menyerang alat-alat pernapasan, sehingga ayam kesulitan untuk bernapas.

  • Berak darah (Coccidiocis)
Berak darah (Coccidiocis) dapat menyerang ayam segala umur. Penularannya dapat terjadi melalui : binatang lain (seperti tikus, burung, ayam liar yang masuk kedalam kandang dan telah membawa bibit penyakit atau empat makan dan minum yang kurang bersih.

  • Tetelo (New Castle Desease:ND)
Penyakit tetelo (New Castle Desease:ND)merupakan penyakit ayam yang sangat berbahaya dan sulit ditanggulangi. Penularannya dapat melalui berbagai media, antara lain : Kontak langsung antara ayam sehat dengan ayam yang sakit; Tamu yang masuk kedalam kompleks peternakan membawa bibit kuman penyakit ini; Tempat makan dan minum yang kurang bersih, sehingga mudah ditempeli oleh virus penyakit ini; Burung-burung liar (misalnya burung gereja) yang ikut memakan makanan ayam. Tingkat kematian akibat penyakit ini sangat tinggi, sekitar 10-100%.

  • Pilek (snot)
Penyebab penyakit ini adalah bakteri (Hemophilus galiarum). Penularannya dapat melalui berbagai media, antara lain :Kontak langsung antara ayam sehat dengan ayam yang sakit; Melalui udara, debu, makanan dan alat-alat dalam kandang yang kurang bersih; Tamu yang masuk kedalam kompleks peternakan membawa bibit kuman penyakit ini; Burung-burung liar (misalnya burung gereja) yang ikut memakan makanan ayam. Tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit ini juga sangat tinggi.
Cara Menanggulangi Penyakit :

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya penularan penyakit, peternak harus segera mengakaratina ayam yang dicurigai sakit, melarang atau membatasi tamu yang masuk kekompleks peternakan. Disamping itu kebersihan peralatan kandang, seperti tempat pakan dan minum serta keadaan kandang harus selalu diperhatikan.
referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi adalah berbgai macam penyakit pada ayam dan cara menanggulanginya semoga bermanfaat dan ayam-ayam anda bisa menjadikan lumbung uang anda dalam menjalani bisnis ayam ini.



TAg:penyakit pada unggas dan pencegahannya, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh parasit
penyakit pada unggas yang disebabkan oleh bakteri, penyakit unggas dan pengobatannya pdf
penyakit pada unggas yang disebabkan oleh virus, penyakit unggas pdf, penyakit pada bebek, obat penyakit tetelo.

Baca Juga :

0 Response to "Cara Menanggulangi Berbagai Macam Penyakit Pada Ayam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel