-->

Kenapa Burung Cendet dan Kacer Memiliki Daya Tarik Tersendiri ???

Burung Kicau Nusantara - Jenis burung kicau atau burung ocehan cukup beragam. Selain mempuyai suara kicau yang indah burung ocehan juga mempunyai warna bulu yang cantik dan juga elegan. Khususnya  yang berjenis kelamin jantan, mayoritas mempuyai fighter atau mental petarung yang bagus dan postur tubuh yang gagah. Burung kicau seperti ini antara lain dapat ditemukan pada jenis burung kacer dan cendet.

Bukan hal yang aneh, jika para kicau mania menemukan daya tarik tersendiri pada dua jenis burung ocehan ini. Para kica mania sangat menyukai burung cendet atau di kenal juga dengan sebutan burung pentet, yang bersal dari madura. Karena burung cendet dari madura dikenal mempuyai banyak keunggulan, antaralain kicauanya lebih tajam, kristal, dan indah melengking.
 
kacer vs cendet, pentet juara, kucica kampung, saura kacer

Warna bulu cendet asal Madura banyak didominasi warna hitam, abu-abu dan putih. Sedangkan warna oranye lebih sedikit, lalu warna hitam pada bagian kepala banyak. Tak kalah menarik, cendet juga dikenal sebagai burung ocehan cerdas, sebab dapat menirukan suara-suara burung kicau lainya, sehingga kicauanya bisa variatif dan banyak memberi nilai tambah saat dilombakan. Agar mempuyai suara variatif burung cendet ini biasa dimaster dengan suara burung lain seperti lovebird, pelatuk,cicilan dan gereja tarung.

Setelah umur 7 bulan , cendet yang sudah dimaster dan mempunyai kicauan bervariasi sudah dapat diikutkan latihan bersama maupun lomba-lomba. Untuk menciptakan burung cendet juara lomba perawatan rutin yang paling penting, para pecinta cendet biasanya memberikan pakan jangkrik pada pagi dan sore hari. Masing-masing 5 ekor dengan kaki-kaki yang sudah di buang. Lalu 2 hari sebelum lomba ditambahkan jangkrik menjadi 10 ekor, baik pagi hari dan sore harinya. Paka wujud voer buatan pabrik selalu disediakan pada wadah dalam sangkar. Penjemuran biasanya dilakukan setiap pagi ketika cuaca cerah. Lalu memandikan dengan cara disemprot air cukup dua hari sekali sebelum di jemur.

Tidak lain halnya dengan burung cendet burung kacer merupakan burung kicau yang banyak di sukai juga para kicau mania. Burung kacer ini mempuyai ocehan dengan bulu yang elegan, yakni, didominasi dengan perpaduan warna hitam dan putih ini juga mempunyai kicauan yang keras dan indah. Selain itu cara perawatan maupaun jenis pakan yang diberikan mirip dengan burung cendet. Selain voer buatan pabrik juga rutin diberi jangkrik. Hanya saja pagi hari, sebelum dilakukan latihan bersama atau lomba, kacer biasa diberi pakan wujud kroto sekitar 1 sendok makan. Tujuannya antara lain agar badanya terasa hangat dan ketika dilombakan bisa bekerja maksimal.
kacer vs cendet, pentet juara, kucica kampung, saura kacer
Kacer Jantan atau di Kenal juga dengan Kucica Kampung
 Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikan tari informasi mengenai Kenapa Burung Cendet dan Kacer Memiliki Daya Tarik Tersindiri ??? yang bisa kami sampaikan semoga dengan sedikit informasi ini bisa bermanfaat buat anda semuanya, dan pastikan juga anda berkunjung kembali di blog burung kicau nusantara karena kami akan selalu update informasi menarik lainya secara berkala untuk anda semuanya.

TAg: perbedaan kacer sumatra dan jawa barat, ciri ciri kacer jawa barat, kacer lampung, kacer jabar vs kacer lampung, kacer jawa tengah, kacer tasik.
Baca Juga :

0 Response to "Kenapa Burung Cendet dan Kacer Memiliki Daya Tarik Tersendiri ???"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel