-->

Ayam Serama Perlu Jangkrik

Burung Kicau Nusantara - Sejumlah gangguan kesehatan bisa menyerang ayam serama, apalagi musim penghujan. Alangkah baiknya beragam tindakan pencegahan dilakukan agar ayam serama tetap fit. Dengan kesehatan prima, apalagi rajin bergaya menjadikan ayam ini banyak menjadi hiburan. Ketika diikutkan kontes kecantikan serama, peluang mengumpulkan nilai tinggi pun semakin terbuka lebar.

Keyword :
  • harga anakan serama bagus murah
  • serama malaysia
  • ayam serama betina

Serama mania asal Sedayu bantul, mengungkapkan, pemberian pakan berkualitas cukup berpengaruh pada kesehatan ayam. Para serama mania biasanya memberikan pakan utama wujud jagung giling, dipadu dengan beras merah dan voer buatan pabrik. Secara berkala diberi juga beras hitam yang menambah kehangatan badan ayam. Bahkan dua hari sekali lagi juga diberi pakan yang mengandung protein hewani, yakni jangkrik. Jenis protein hewani ini pun mampu menghangatkan badan serama.

Ketika ayam sudah dewasa, pemberian jangkrik bisa sampai 10 ekor nggak masalah. Lain halnya ketika masih remaja ke bawah, tidak lebih dari lima ekor.

Pada musim penghujan dan cuaca seringkali dingin, serama umur tiga bulan ke bawah sebaiknya ditempatkan dalam kandang yang diberi lampu penghangat. Selain itu kandang juga dijaga tingkat kebersihannya sehingga dapat mencegah munculnya penyakit seperti pilek/ngorok dan cacingan. Ada lagi tetelo atau gumboro dengan gejala seperti tak ada nafsu makan, lesu dan jengger kebiruan.

pakan ayam serama,budidaya ayam serama,perawatan ayam serama

Semakin maksimal perawatan dan pencegahan penyakit, semoga ayam-ayam serama tetap terjaga kesehatannya.

Hal serupa dilakukan serama mania asal Nogotirto Sleman. Khusus kandang serama yang diberi lampu, ia juga menambahkan pasir di bagian dasar kandang. selain akan memudahkan dalam membersihkan kotoran, diharapkan juga dapat mendukung kehangatan lingkungan kandang. Pasir yang digunakan bisa berasal dari sungai, bahkan lebih bagus jika berasal dari pantai. Ayam sesekali juga makan pasir sebagai asinan dan penguat tembolok.

Hal penting lain yang dilakukan, pemberian pakan rutinnya sebelum umur tiga bulan cukup voer buatan pabrik. Setelah tiga bulan ke atas diberi voer dan jagung campur, antara lain ada jagung giling, beras merahn dan beras hitam. Secara rutin ia juga memberikan jangkrik, nahkan vitamin B kompleks serta minyak ikan. Ketika disiapkan lomba, beberapa hari sebelumnya diberi pil penambahan darah dengan cara dilolohkan. Pil ini diyakini dapat mendukung stamina serama dan mencegah penampilan wajah pucat.

Saat cuaca cerah, pada pagi hari biasanya menjemur ayam-ayamnya. Sebagian lagi dilatih di atas meja yang sudah dilapisi karpet warna hijau. Mereka paling senang dengan serama yang suka bergaya, termasuk sambil mengangkat salah satu kakinya. Selain itu senang membusungkan dada, sampai kepala serama berada di belakang dada serta menyentuh bagian ekor. Bagian kepala berada di belakang dada biasanya disebut gaya
selem.
pakan ayam serama,budidaya ayam serama,perawatan ayam serama

Gaya-gaya seperti ini dapat menambah nilai ketika sarama dilombakan. Selain soal gaya, hal lain yang mempengaruhi nilai lomba seperti tampilan tubuh ayam, misalnya bulu, jengger, kaki, sayap dan warna bulu.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit informasi tentang Ayam Serama Perlu Jangkrik yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat buat anda semuanya, kami akan selalu update informasi menarik lainya untuk anda semuanya secara berkala jadi pastikan anda tidak ketinggalan informasinya dengan berkunjung kembali di blog burung kicau nusantara.

TAg : harga ayam serama anakan, jenis jenis serama, kandang serama, harga serama kontes.
Baca Juga :

0 Response to "Ayam Serama Perlu Jangkrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel