-->

Derkuku Aduan Harga Tembus Puluhan Juta

Burung Kicau Nusantara - Selama ini burung derkuku (ada yang menyebut sinom atau deruk) sering dianggap burung murah yang tidak punya nilai ekonomis.Sepertinya pandangan itu saatnya dibuang jau-jauh. Selama ini masyarakat memposisikan derkuku sebagai burung klangenan seperti halnya perkutut. Ada kecenderungan, penyuka derkuku selama ini didominasi kaum kasepuhan, mereka yang sudah berusia tua.

Belakangan muncul kelompok baru penyuka derkuku. Melihat kelincahan dan agresivitas geraknya, derkuku ternyata ditangkap sebagai celah pasar yang bisa dikembangkan. Ada kelompok penggermar derkuku sebagai burung petarung. Kelompok inilah yang kemudian banyak melakukan bredding berbagai jenis derkuku. Upaya mereka melahirkan derkuku petarung andal adalah dengan percobaan-percobaan menyilangkan antar jenis derkuku.

derkuku adua, lomba derkuku, budidaya derkuku

Meski belum banyak pembudidaya derkuku aduan , tapi karena permintaan pasar kelihatan makin besar,
terutamu untuk luar Jawa,Kalimantan dan Medan bahkan juga sampai Malaysia. Kini mulai bermunculan peternak pemula yang khusus kemudian membudidaya jenis deruk seperti itu. Selama ini penggemar derkuku identik dengan kelompok orang-orang tua yang hanya mendengarkan anggunganya.

Ternyata tida selalu seperti itu. Burung derkuku ternyata memiliki cara bertarung yang unik dan menarik untuk dinikmati. Dalam bertarung, derkuku punya banyak gaya yang indah. Selain mengembangkan bulu-bulunya dan pamer suara kepada lawan, derkuku juga lihai dalam melancarkan serangan tak terduga.

Dalam perkembanganya, di saat jenis derkuku anggunganya tetap stabil penggemarnya, derkuku petarung justru kian naik pamor dan makin banyak diminati kelompok tertentu. Biasnya mereka peminat jago aduan, yang kemudian beralih menyukai derkuku sebagai hobi yang dipandang lebih memiliki prospek pasar dan peluang bisnis menjajikan.

Untuk budidaya burung derkuku, tidak beda jauh dengan budidaya unggas lainya. Hanya saja banyak yang kemudian  merekarasa genetika untuk mendapatkan jenis derkuku petarung yang andal dengan melakukan menyliangkan. Derkuku petarung memang harus memiliki tampilan fisik yang tegap dan kekar, selain itu juga punya anggungan yang indah dan bertenaga untuk menggetarkan mental lawan.

suara derkuke, budidaya dekuku, derkuku juara

Harga derkuku selama ini memang cenderung stabil, tapi harga untuk jenis juara pastinya akan punya nilai labih  tinggi. Hal ini juga berlaku bagi generasi keturunannya, Derkuku berkualitas bisa tembus harga ratusan ribu rupiah tidik sedikt pula yang laku sampai puluhan juta rupiah.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com,wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit informasi pada postingan Burung Kicau Nusantara kali ini semoga bisa bermanfaat buat anda semuanya dan pastikan anda berkunjung kembali untuk mendapatkan informasi terbaru, karena admin akan selalu update informasi menarik lainya secara berkala.

Baca Juga Artikel Lainya :

0 Response to "Derkuku Aduan Harga Tembus Puluhan Juta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel