-->

Sukses Menangkar Jalak Bali Dalam Dua Bulan

Burung Kicau Nusantara - Jalak bali ternasuk jenis burung langka, baik di Indonesia maupun di dunia. Keberadaannya dilindungi
undang-undang sehingga ketika memelihara sampai menangkarkan harus memiliki sertifikat resmi yang
disahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

Ketika ada jual beli, meski masih anakan tetap harus dilaporkan juga ke BKSDA sampai mendapatkan
sertifikatnya. Masalah adminitrasi ini memang manjadi pertimabangan tersendiri bagi sebagai penggemar
burung berkicau sebelum memelihara Jalak Bali. Meski demikian peminat burung jalak bali ini tetap tinggi, sebab memiliki banyak keistimewaan, misalnya warna bulu didominasi putih bersih. Bahkan mempunyai jambul di bagian kepala, suka menari dan ocehannya nembak-nembak seperti Lovebird. " Jika berhasil
menanggkar jalak bali, berarti kita juga ikut menjaga kelestarian burung jalak ini.

Menangkar jalak bali, Jual jalak bali, burung jalak bali
Dalam perawatan jalak bali sebenarnya hampir sama dengan perawatan burung kicau pada umumnya, para kicau mania biasnaya memberikan makanan berupa pisang dan juga pepaya , dan juga memberikan Voer. Pakan tambahan yang diberikan biasnya berupa jangkrik, ulat hongkong dan juga kroto.

Anakan jalak bali yang berumur lima hari diambil dari sarangnya dari kandang penangkaran. Selanjutnya diberi ring atau cincin dibagian kakinya. Anakkan ini ditempatkan pada kotak khsusus yang diberi penghangat. Secara rutin kita harus meloloh sendiri dengan jangkrik yang sudah dipotong-potong kecil. Lalu setelah umur 10 hari sudah dapat diberi pakan berupa voer yang dicampur air secukupnya sehingga seperti bubur. Ketika umur sekitar 2 bulan, sudah lihai makan voer kering maupun pisang dan pepaya sendiri.

Menangkar jalak bali, Jual jalak bali, burung jalak bali

Pada umur 2 bulan ini biasanya burung jalak bali sering dijual belikan. Harga sepasang jalak bali umur 2 bulan, rata-rata  Rp.6 juta sampai Rp.7 juta rupiah perpasang. Pada umur anakan seperti ini kandang untuk memeliharanya cukup menggunakan sangkar gantung. Bisa juga dijadikan satu dengan dalam kandang polier. Setiap kandang penangkaran cukup diisi sepasang jalak bali. Tak sembarangan orang boleh mendekati ke kompleks penangkaran, sebab memicu stres sampai akhirnya tak produktif. Adapun luas kandang penangkaran yakni memiliki lebar 1,5 meter dan panjang 1,5 meter dan tinggi dengan 2,5 meter.

Menangkar jalak bali, Jual jalak bali, kicau jalak bali

Untuk membedakan Jalak Bali jantan dan betina cukup mudah. Jalak bali betina bagian alis dekat mata memiliki warna biru yang lebih halus dan postur lebih kecil.

Pada umumnya burung jalak bali akan bertelur setelah 2 tahun itu tergantung dengan burung itu sendiri sedangkan untuk masa pengeraman membutuhkan waktu sekitar 14 hari.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com,wikipedia.org , blog dan web di google

Itu tadi informasi mengenai  Kunci Sukses Menangkar Jalak Bali Dalam Dua Bulan yang bisa burung kicau nusantara sampaikan kami akan update informasinya lainya kembali pada postingan berikutnya, jadi kami harap anda sudi kembali berkunjung di situs kami.

Baca Juga Artikel Terkait Lainya:

0 Response to "Sukses Menangkar Jalak Bali Dalam Dua Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel