-->

Tips Merawatan Burung Selama Masa Mabung

Burung Kicau Nusantara - Mabung yaitu situasi normal yang disebut siklus tahunan yang berlangsung pada unggas-unggasan serta burung. mabung yaitu waktu di mana sistem perubahan bulu lama ke bulu baru tengah berjalan, serta pada saat mabung tersebut burung terkadang kerap tampak diam tidak segacor umumnya serta semakin banyak makan atau minum dari umumnya. lumrah saja dikarenakan pada situasi mabung tersebut burung membutuhkan konsumsi daya yang lebih untk menolong sistem perkembangan bulunya. perawatan sepanjang masa mabung inilah yang perlu benar - benar kita cermati. serta sebelum saat kita membahasa lebih jauh lagi tentang bagaimana perawatan burung mabung baiknya kita mengerti dahulu apa itu mabung atau moulting, mabung atau moulting yaitu sistem rontok bulu tua pada unggas atau burung dengan periodik, dengan normal umumnya berjalan sekali didalam 1 tahun serta pada sebagian type burung spesifik dapat berjalan dua sampai tiga kali didalam 1 tahun.


Tips Merawatan Burung Selama Masa Mabung
ngurak yaitu arti atau sebutan untuk bulu burung yang telah tidak teratur serta ditandai dengan rontoknya bulu-bulu kecil atau halus. 

Ambrol yaitu sebutan untuk bulu burung yang rontok seluruh atau burung alami 75% sampai 95% kerontokan bulu



Nyulam yaitu situasi di mana tumbuhnya bulu baru menukar bulu yang rontok, namun dengan total bulu burung didalam situasi bagus didalam makna tidak tengah ada pada sistem ngurak 

Tips Merawatan Burung Selama Masa Mabung

Pada sebagian burung spesifik layaknya dari type cucak-cucakan amat jarang didapati burung yang alami sistem mabung layaknya ngurak, ambrol serta mabung, umumnya burung - burung tersebut cuma alami periode nyulam didalam artian rontok bulu tidak dengan total namun segera digantikan dengan tumbuhnya bulu baru. 
Penanganan ngurak
penanganan pada situasi di mana burung alami periode ngurak :
burung di beri kerodong ( full kerodong ) serta cuma di buka pada waktu ganti makanan serta minumannya. 


  • Ganti merk voer yang dipakai.
  • Berikan ef kroto, untuk burung layaknya murai batu, kacer, anis merah, anis kembang serta burung besar yang lain kroto dapat diberikan sekurang-kurangnya satu sendok makan 1 hari, sesaat untuk burung kenari serta burung burung kecil yang lain dapat diberikan 1/2 sendok teh tengah untuk branjangan diberikan dua sendok teh.
  • Sepanjang masa ngurak burung janganlah dulu dijemur terlebih dimandikan. 

Sepanjang di kerodong itu kerodong dapat disemprot dengan semprotan kecil cuma untuk melembabkan situasi di dalam sangkar supaya sistem moulting berjalan prima serta bulu-bulu dapat rontok dengan cepat serta karena sistem perkembangan bulupun dapat lebih cepat. tak hanya dari full kerodong tersebut ada juga langkah lain untuk merontokan bulu yakni dengan mencampurkan susu bubuk putih ( merk apa saja ) secukupnya kedalam voer atau kroto pada burung yang dapat diambrolkan bulunya sepanjang 2 sampai 3 hari hingga bulu-bulu burung tersebut tampak berjatuhan tiap-tiap harinya. kurun waktu 1 minggu umumnya burung telah ambrol serta sistem pemberian susu bubuk ini dapat dihentikan.
Menangani burung yang mabung tidak tuntas
pada bagian ini burung telah alami perubahan bulu namun tetap ada bulu bulu kecil yang tertutup susunan tanduk. maka tindakan yang dikerjakan yaitu :
teratur memandikan serta menjemur burung dengan bertahap, untuk mandi sekurang-kurangnya 1 hari sekali serta untuk sistem penjemuran janganlah kian lebih 30 menit pada tahap-tahap awalannya serta lama penjemuran dapat dinaikan pada hari-hari selanjutnya. 
referensi  : dari berbagai sumber buku, omkicau.com, wikipedia, blog dan web di google
sumber:berbagaisumber
Tips Merawatan Burung Selama Masa Mabung
Baca Juga : 

0 Response to "Tips Merawatan Burung Selama Masa Mabung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel