-->

Beberapa Cara Penjodohan Burung kenari

Burung Kicau Nusantara - Proses penjodohan burung kenari berdasarakan pakar burung ada beberapa macam cara seperti di kutip oleh Sridadi didalam bukunya yang berjudul "Beternak Burung Kenari" ada tiga macam cara untuk menjodohkan burung kenari yaitu :

 1. Pasangan tetap 

Penjodohan dengan pasangan tetap yaitu sistem penjodohan yang di lakukan menggunakan pasangan yang sama. penjodohan dengan pasangan tetap bisa juga dibedakan jadi dua pengertian, yaitu :

  1. Penjodohan dengan pasangan tetap 1 pasangan saja yaitu sistem penjodohan dengan menggunakan satu pasangan saja
  2.  Penjodohan dengan pasangan tetap dengan menggunakan beberapa induk yaitu sistem penjodohan dengan 1 pejantan dan menggunakan beberapa indukan
penjodohan dengan pengertian pertama biasanya pada induk betina serta pejantan tidak dulu dipisahkan sejak sistem penjodohan, bertelur, menetas,sampai membesarkan anak. induk jantan serta betina bersama-sama membesarkan anak-anaknya. karena, induk jantan tidak terforsir untuk reproduksi sebagian indukan betina hingga situasi kesehatannya terus baik.

penjodohan dengan pasangan yang tetap berdasar sebagian peternak dikira kurang efisien dikarenakan satu jantan cuma mereproduksi dengan satu betina. walau sebenarnya, satu induk jantan bisa mereproduksi dengan sebagian induk betina sepanjang waktu istirahat serta menu makanannya terjamin.

2. Pasangan Tidak Tetap

Penjodohan dengan sistem pasangan tidak teapt biasanya dikerjakan oleh penangkar yang cuma mempunyai induk jantan terbatas, sementara jumlah induk betina rumayan banyak. sistem penjodohannya cuma menurut kondisi, contohnya saat ada induk betina yang telah dijodohkan dikarenakan anak-anaknya telah bisa makan sendiri.

bila induk betina tersebut telah terlihat siap reproduksi lagi, maka bisa segera dijodohkan dengan induk jantan lain agar tidak terlambat untuk bertelur lagi.

keuntungan penjodohan burung kenari dengan pasangan yang tidak tetap yaitu produksi telur serta anakan kenari bisa berjalan terus-menerus hingga batas waktu spesifik.

namun kelemahan penjodohan burung kenari dengan pasangan yang tidak tepat yaitu mutu anakan kenari yang dihasilkan kurang bagus, baik serta sisi warnanya ataupun suaranya. karena, penangkar biasanya tidak mencermati latar belakang penjodohan tersebut, mereka cuma bertujuan pada jumlah produksi yang dihasilkan.

di samping itu, induk jantan yang dipakai dengan terus-menerus serta kurang beristirahat mengakibatkan cepat alami penurunan kwalitasnya. burung kenari jantan yang terlampau diforsir untuk mereproduksi induk kenari dapat membuahkan anakan kenari yang kualitasnya kurang bagus.

supaya mutu pejantan senantiasa didalam situasi sempurna, maka mutu pakan serta keperluan menu pakan mesti sungguh-sungguh di perhatikan. makanan yang didapatkan mesti tambah baik dari pada umumnya supaya keperluan daya serta nilai kalori yang masuk ke didalam tubuh kenari seimbang dengan tenaga yang dikeluarkan.

bila tenaga yang dikeluarkan semakin besar dari pada keperluan daya, maka lama kelamaan situasi burung tersebut dapat makin alami penurunan serta akhimya bisa mengakibatkan kematian.

3. Penjodohan secara Massal

burung kenari, kicau kenari,Beberapa Cara Penjodohan Burung kenari
Penjodohan burung kenari dengan massal dikerjakan dengan langkah memasukkan sebagian kenari j antan serta betina jadi satu didalam sangkar yang cukup besar.

langkah penjodohan kenari dengan masal ini biasanya telah ditinggalkan oleh beberapa penangkar. keuntungan penjodohan kenari dengan massal ini yaitu pemberian pakan relatif cepat. namun ada beberapa kelemahan penjodohan kenari dengan sistem massal, yaitu :

  • Burung kenari tersebut akan lebih lama memilih pasangan
  • Sistem reproduksi terganggu dikarenakan karakter burung kenari jantan  senang bertarung dengan sesama burung kenari jantan  lainnya
  • Burung kenari yang kalah dapat sedikit mengonsumsi makanan hingga jadi kurus serta gampang diserang penyakit
  • Bila satu atau dua burung kenari terinfeksi penyakit serta tidak segera dikerjakan, maka penyakit tersebut dapat menular pada burung kenari yang lain dengan cepat.
referensi  : dari berbagai sumber buku, omkicau.com, wikipedia, blog dan web di google
Demikian tadi beberapa cara penjodohan burung kenari yang bisa admin sampaikan semoga bisa bermanfaat, dan nantikan postingan berikutnya.
Baca Juga :

0 Response to "Beberapa Cara Penjodohan Burung kenari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel