-->

Info Seputar Burung Tledekan

Burung Kicau Nusantara - Burung tledekan memiliki panjang badan berkisar pada 8 s/d 20 cm. membedakan type kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras pada tledekan yang berkelamin jantan dibanding dengan burung tledekan betina. contoh pada species tledekan gunung warna pejantan pada type niltava ini belakang biru tua serta satu biru cerah di kepala, ada kedok hitam lebih kurang mata mata, satu jakun hitam, serta ada warna jeruk bercahaya perutnya, sebagian genus layaknya vivid niltava berwarna ungu kebiruan, biru putih ( barangkali kerap kita kenal sebagai tledekan laut ) warna pada type betina yaitu coklat zaitun dengan coklat muda di perut, serta warna betina muda yaitu coklat cerah dengan agak keputih-putihan

Klasifikasi
Keluarga : muscicapidae
Jenis  : niltava

Kerajaan : animalia
Phylum : chordata
Kelas : aves
Order : passeriformes


Spesies burung ini meliputi :

  • rufous-bellied niltava, niltava sundara
  • rufous-vented niltava, niltava sumatrana
  • vivid niltava, niltava vivida
  • large niltava, niltava grandis
  • small niltava, niltava macgrigoriae
  • fujian niltava, niltava davidi


Tempat penyebaran

dimulai dari himalaya tempat dari negeri nepal, bhutan, india, serta meluas melewati pegunungan dari myanmar, thailand, kamboja, serta cina barat daya serta tenggara, asia, terhitung semenanjung malaya serta sumatera, jawa.

Habitat

pada area yang condong lembab, rimba lebat berdaun lebar serta hijau, kerap dekat satu aliran sungai serta umumnya pada rimba tropis serta sub tropis. umumnya berkembangbiak di ketinggian dari 5, 000-350 ft ( 1, 525-850 m ).

Perilaku

burung ini terhitung burung yang tidak lakukan migrasi, namun lakukan perpindahan habitat musiman diantara dataran tinggi serta rendah. pasangan burung ini berkembang biak pada satu lokasi spesifik. meskipun aktif bergerak namun burung kerap duduk diatas bertengger untuk waktu yang agak lama. kicauan burung ini berbentuk rangkaian simpel tiga atau empat gabungan siulan. tledekan terhitung burung fighter ( layaknya burung murai batu, kacer, ciblek ) dsb. hingga amat gampang memperolehnya. apabila ada tledekan, ditemukan tledekan peliharaaan atau nada kaset tledekan, segera menyambar !

Makanan serta pola makan

makanan pokok keluarga niltava yaitu serangga layaknya capung, kupu-kupu ulat serta buah buahan kecil. dikenal juga tledekan bambu dikarenakan hidupnya di bambu, bersarangnya juga banyak di bambu, juga di pohon. dia senang makan ulat2 di bambu juga di pohon.

Pola reproduksi

bersarang di rimba. bikin sarang berupa piala dari lumut serta serabut lain pada satu area berlumut pada batuan, pada satu batang pohon, atau pada satu rongga dangkal pada pohon/kayu busuk. layaknya pada umumnya burung pada musim reproduksi burung ini lebih aktif berkicau, serta mengepakkan sayap serta ekor untuk menarik pasangan. saat membuat sarangnya, tledekan ada yg bikin sarang diatas pohon serta ada yang bersarang di atas tanah serupa branjangan. ( pastinya yg sangat banyak dicari yaitu tledekan yg bersarang di atas tanah )

burung yang memiliki kekerabatan sangat dekat serta memiliki habitan yang nyaris sama yaitu ada didalam genus tersebut :



Info Seputar Burung Tledekan
 Burung Tledekan Biru - Selendang biru-Genus Eumyias


Info Seputar Burung Tledekan
Buurng Tledekan Gunung -Genus Cyornis
Info Seputar Burung Tledekan


Burung Tledekan Laut - Sulingan laut-Genus Cyanoptila 

Contohnya layaknya tledekan laut. yang kerap kita kenal sebagai tledekan laut ini terhitung didalam genus cyanoptila serta dikenal dengan nama blue-and-white flycatcher, cyanoptila cyanomelana burung ini juga penangkap serangga, berwarna biru serta putih, yang memiliki perbedaan dengan type genus niltava yakni suka beralih. tempat penyebarannya meliputi jepang, korea, beberapa cina serta rusia, asia tenggara, terlebih di vietnam, kamboja, thailand, sumatera serta borneo. @ariesmunandi
referensi  : dari berbagai sumber buku, omkicau.com, wikipedia, blog dan web di google
sumber :
kicaumaniabogor
beragam sumber
kicaumania. org 


Demikiann tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan semoga dengan sedikit  informasi ini bisa bermafaat buat anda semunya dan pastikan anda berkunjung kembali di blor Burung Kicau Nusantara karena kami akan selalu update secara berkala.
Baca Juga :

0 Response to "Info Seputar Burung Tledekan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel