-->

Mengenal Burung Cikrak Daun Nan lincah

Burung Kicau Nusantara - Burung Cikrak Daun merupakan burung dari family warbler daun yang memiliki nama latin Phylloscopus trivirgatus burung Cikrak Daun ini banyak tersebar di Malaysi, Filipina dan Indonesia burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil yaitu 11cm dan memiliki ciri warna bula, berwarna hijau dan kuning memiliki irir mata berwarna kekuningan, burung Cikrak daun merupakan brung yang lincah gesit gesit, burung ini juga memiliki suara kicau yang bagus , sara ngerollnya tidak kalah dengan burung Monzambiq dan Blackthoat karena suara neroll yang bagus itu banyak para kicau mania yang mencari untuk memancing burung kicau peliharaan mereka.

burung kicau, suara burung kicau,Burung Cikrak



Burung Cikrak Daun ata Phylloscopus trivirgatus ini memiliki 11 species yang tersebar di berbagai negara.
  • Di Filipina utara terdapat sepecies  benguetensis (Ripley & Rabor, 1958) yang dapat di temukan di daerah  Luzon utara.
  • Di Filipina tengah dan tengah bagian utara juga terdapat sepecies nigrorum (Moseley, 1891)  yang dapat di temukan di daerah Panay,  Luzon selatan, Negros dan Mindoro.
  • Di Filipina barat juga terdapat species peterseni (Salomonsen, 1962)  yang dapat di temukan di daerah Palawan.
  • Di Gunung Mayo,Gunung Apo di Filipina Mindanao selatan terdapat species mindanensis (E. J. O. Hartert, 1903).
  • Di Indonesia tepatanya  di Sumatera, Lombok ,Bali, Sumbawa dan Jawa terdapat species trivirgatus (Strickland, 1849).
  • Di Pulau Kalimantan bagian utara di Indonesia tepatanya Gunung Kinabalu terdapat species kinabaluensis (Sharpe, 1901).
  • Di Semenanjung Malaysia terdapat sepecies parvirostris (Stresemann, 1912) yang dapat di temukan di daerah Pahang sampai selatan Perak.
  • Di Filipina selatan tepatnya di Mindanao timur-laut dan Camiguin Sur di Gunung Hilong-Hilong terdapat sepecies diuatae  (Salomonsen, 1953)
  • Di barat-laut Mindanao tepatnya di  Gunung Malindang dan Semenanjung Zamboanga  terdapat species malindangensis (Mearns, 1909):
  • Di provinsi Misamis Oriental, di Mindanao tengah bagian utara, Filipina terdapat species flavostriatus (Salomonsen, 1953) tepatnya di Gunung Katanglad dan pegunungan.
  • Di Indonesia tepatnya di pulau Kalimantan bagian barat dan utara laut terdapat sepecies  sarawacensis (Chasen, 1938) yang dapat di temukan di daerah Mulu, Nyiut,   Pegunungan Poi di Sarawak barat dan Pegunungan Trus Madi.
burung kicau, suara burung kicau,Burung Cikrak

Pemeliharaan
Untuk pemilharaan burung ini sangat sensitih dengan makanan sebaiknya untuk memberi makan pada burung ini pastikan makanan yang anda berikan harus dalam keadaan masih segar dan bagus dan usahakan jika burung Cikrak Daun anda belum makan Voer pastikaan anda melatihnya agar burung Cikrak daun anda  bertahan hidup lebih lama, berikan juga UH dan UK setiap harinya, untuk keseluruhan cara memilihara burung ini pada dasarny sama dengan burung kicau pada umumnya.
referensi  : dari berbagai sumber buku, omkicau.com, wikipedia, blog dan web di google

Demikan tadi sedikit informasi mengenai burung Cikrak Daun semoga bisa memambah wawasan kita seputar buurung kicau.
Baca Juga :

0 Response to "Mengenal Burung Cikrak Daun Nan lincah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel