-->

Mengenal Lebih Dekat Burung Hwamei Taiwan & China

Burung Hwamei ini adalah salah satu burung yang melegenda burung ini banyak tersebar di Asia , tepatnya di asia tenggara burung ini sekarang susah sekali untuk di dapatkan di karenakan burung ini sudah banyak berkurang habitatnya dan kalau pun ada sekarang ini untuk memiliki burung ini kita harusa mempunyai surat ijin dulu, tidak hanya di indonesia burung ini di negara-negara lianya pun juga sudah jarang di temui juga.


Video hwamei  diacukan di china 



Burung Hwamei yang banyak kita kenal ini kebanyakan berasal dari negara china dengan nama Chinese Hwamei atau Melodius lughingthrush ( Garullax canorus). Nama hwamei sendiri diambil dari bahasa china " hua-mei" yang  berarti " Alis yang dicat" , mengacu pada warna putih yang melingkar pada bagian matanya. 

Hwamei ini sendiri terdiri dari dua subspesis yaitu 

  • Garullax canorus canorus yang merupakan burung asli yang berhabitat di daratan asia. 
  • Garullac canorus owstoni yang berhabitat di kepulauan Hainan china. 
sementara untuk hwamei taiwan ( Leucodioptron taewanum) sebelumnya pernah dimasukan dalam subspesis dari hwamei china ini, akan tetapi pada akhirnya dipisahkan menjadi spesis tersendiri.  yang membedakan hwamei china dengan hwami taiwan adalah alis putihnya dimana hwami taiwan ini tidak memiliki alis yang berwarna putih.
Mengenal Lebih Dekat Burung Hwamei China dan Taiwan
HWAMEI TAIWAN

Mengenal Lebih Dekat Burung Hwamei  Taiwan & China
HWAMEI CHINA



Dalam perkembangannya di china maupun taiwan, penggemar burung ini banyak juuga yang mencoba menangkarkan kedua jenis burung ini agar bisa menghasilkan keturunan hybrid dan pada akhirnya jenis burung inilah yang banyak dipasarkan di pasar-pasar asia.

Karakter burung hwamei

Karakter dari hwamey yang terlihat tenang ini sebenarnya adalah burung petarung, yang mana dalam setiap pertarungannya tidak jarang akan berlangsung sampai salah satu ada yang cedera, parah ataupun mati. oleh karena keunikannya itulah burung ini kerap dilombakan sebagai burung petarung atau burung aduan.




Burung hwamei merupakan burung monogamus yang artinya ia hanya akan berkembang biak dengan satu betina saja terlebih pada bulan-bulan april hingga july karena pada bulan-bulan tersebutlah masa berkembang biaknya burung tersebut.  

Setelah berpasangan ia akan membangun sarangnya yang besar yang terbuat dari daun-daun bambu serta ranting-ranting pohon kering, dengan mencari lokasi bersarangnya di dalam rimbunan semak belukar ataupun dibalik rimbunan pohon bambu dengan ketinggian diatas 2 meter dari permukaan tanah. 

Burung huamei betina akan bertelur sebanyak tiga hingga lima butir telur yang berwarna biru kehijauan yang akan dieraminya selama 15 hari, setelah menetas indukan jantan maupun betina sama-sama merawat dan memberi makan anak-anaknya hingga berusia 13 hari. Dalam satu tahun, burung hwamei sanggup berkembang biak selama dua kali saja. 




Makanan utama huamei adalah serangga dan buah-buahan, perawatan hariannya pun tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kacer, dengan memberi makanan tambahan seperti jangkrik serta ulat hongkong setiap hari secukupnya dan pemberian buah-buahan yang bervariasi seperti pisang dan pepaya akan mampu membuat burung ini berkicau lebih lantang dan nyaring. 

Burung ini juga sangat menyukai mandi terutama di dalam wadah air minumnya, oleh karena itulah ketersediaan air bersih harus selalu diperhatikan, karena wadah air minumnya akan cepat kotor dan habis karena sering digunakan untuk mandi. Pada dasarnya burung hwamei ini merupakan burung yang sangat liar, oleh karena itulah tidak jarang banyak burung-burung ini yang masih dalam kondisi giras atau jinak lalat, kalau yang banyak ditemukan sekarang adalah burung hwamei yang rata-rata sudah jinak, karena emang umur mereka yang sudah tua dan sudah memiliki mental yang tidak takut lagi dengan manusia. 

Cara Agar Burung Hwamei Cepat Jinak
 
Agar burung Hwamei ini cepat jinak dapat di lakukan dengan mencarikannya pasangannya. dan usahakan untuk sangkar burung usakan pakai sangkar yang berbentuk bulat seperti pada sangar yang banyak di pakai pada burung Anis Merah, tapi dengan ukuran yang lebih besar dari sangkar burung Anis Merah.

referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit informasi mengenai burung Hwamei yang dapat saya berikan semoga dapat menambah informasi kita mengenai aneka burung kicau , semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

TAg : kicau wambi hwamei, harga wambi kembang, ciri wambi jantan dan betina, harga hwa mei 2016, harga wambi bakalan 2016, sura kicau wambi, wambi gacor dijual.

1 Response to "Mengenal Lebih Dekat Burung Hwamei Taiwan & China"

  1. kenapa harus memiliki ijin ? hwamei kan bukan burung indonesia yg harus dilestarikan?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel