-->

Cara merawat burung ciblek agar bisa makan voer & Mau berkicau

Burung ciblek adalah burung yang banyak di temukan di daerah pulau jawa sumatera dan kalimantan burung ciblek ini bisa hidup di area persawahan perbukitan dan juga di daerah pegunungan, burung ciblek ini sering mencari mangsa berupa serangga ulat dan juga serangga kecil lainya seperti semut dan lainya.

Ada beberapa jenis burung ciblek di alam ini dan berbagai bentuk dan warnanya untuk di indoensia sendiri ada   dua jenis burung ciblek yang kita kenal di yaitu; Prinia familiaris olivaces dan  Prinia familiaris familiaris

burung ciblek,Cara merawat burung ciblek agar bisa makan voer & Mau berkicauCimblek Prinia familiaris olivaces biasanya mempunyai warna bulu kelihatan lebih jelas atau lebih terang dan muda, dan biassanya mempunyai warna garis putih lebih pendek dari pada Ciblek Prinia familiaris familiaris dan juga memiliki tubuh lebih kecil, baiasnya untuk ciblek ini yang berkelamin jantan mempunyai warana bulu di bagian dada bewarna hitam samar.  burung ini memiliki suara yang kurang keras. Sumatera,  Jawa Barat dan Jawa Tengah adalah daerah pesebaranya .

Yang kedua adalah burung ciblek berjenis Prinia familiaris familiaris burung ini meniliki ciri seperti badan lebih besar dari pada ciblek Prinia familiaris olivaces  warna bulunya pun lebih jelas dan gelap burung ini yang jantan memiliki yang keras, Bali , Jawa Timur,  dan Jawa Barat adalah daerah pesebaranya.




Kebiasaan Hidup:

Burung ini biasanya mencari makan berupa serangga kecil yang banyak di temukan oleh burung di area persawahan, pegunungan dan perbukitan, burung ciblek ini biasanya bertelur akan menghasilkan 2 sampai 3 telur dalam sekali bertelur.


Ciri Burung Ciblek Jantan Dan Betina
 Biasanya burung ciblek jantan memili ukuran tubuh yang lebih besar dari betina dan ekornya lebih panjang , warna bulu pada bagaian dada berwarna kekuning-kuningan dan warna sayap berwarna hitam.


Ciri-ciri burung ciblek yang baik

 Burung ciblek yang bagus adalah yang sering berkicau dan lincah terlihat lebih sehat dan mempunya nafsu makan yang bagus badanya porposional atau badan dan ekornya serasi terlihat tegap saat berdiri.

Cara Merawat burung ciblek agar rajin berkicau
 

  1. Keluarkan burung di pagi hari sekitar jam 5 pagi unutk di embun-embunkan dan agar burung bisa mendengar burung lain yang sedang berkicau.
  2. Beirikan ulat hongok 2 sampai 4 ekor dan jangkri 2 sampai 3 ekor dan juga kroto seperempat sendok teh pada Jam 07.00 WIB tapi setelah burung di mandikan dengan semprotan yang lembut.
  3. Kenudian lakukkan penjemuran antara jam 7 sampai jam 9 dengan tempat yang banyak di lalui orang emudial di gantung ketempat  yang teduh sambil deperdengarkan suara masteran.
  4. Kemudian berikan lagi makanan seperti di atas kalua bisa di mandikan lagi juga gak papa.
    Pada pukul 5 sore kerodong burung dan masukan kedalam.


Cara merawat agar Ciblek mau makan Voer


 ada beberapa hal yang harus di perhat
ikan agar burung ciblek mau makan voer yaitu :


  1. Buat burung ciblek beradaptasi dulu denga sangkarnya yaitu dengan cara memberi penutup di tepi sangkar dan diletakkan di tempat sepi.
  2. kemudian berikan makanan berupa kroto dan voer yang di campur dengan perbandingan lebih banyak dulu krotonya kemudian sedikit demi sedikit kroto di kurangi sampai akhirnya tinggal voer saja yang d berikan.
  3. Setelah sudah mau makan voer secara penuh maka jangan lupa juga memberikan jangrik dan kroto untuk menunjang suara kicaunya karena pemberian kroto secara rutin akan membuat burung lebih cepai berkicau

Demikian tadi sedikit informasi mengenai burung Ciblek baik untuk pengenalan ciri-ciri burung ciblek yang baik,cara membedakan burung Ciblek Jantan dan Betina , perwatan burung ciblek agar bisa makan Voer ,dan  perawatan sehari-hari agar Ciblek mau rajin berkicau, yang dapat saya sampaikan semuga informasi ini bermanfaat.

Salam Kicau mania 

0 Response to "Cara merawat burung ciblek agar bisa makan voer & Mau berkicau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel