-->

Burung Murai Jadi ATM Menawan

Burung Kicau Nusantara - Bagi para penghobi burung ocehan, murai merupkan salah satu burung favorit untuk dipelihara sebagai kelangenan dan lahan bisnis dengan ditangkarkan hingga diturunkan berlaga di ajang lomban. Gaya penampilan tubuhnya yang ramping dengan ciri khas ekor panjang menjutai hanyalah sebagian kecil dari performa indahnya. Belum lagi karakter ocehanya yang merdu dan khas.

Saat ini , untuk melakukan proses penangkaran murai bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebab banyak faktor yang mempengaruhi. Mulai dari teknik proses penjodohannya hingga usai telur menetas. Maksimal 1 minggu usai menetas, ka;au tidak segera dipindahkan dari  sarang, anakan murai bisa dibuang oleh indukanya.Maka tidak heran jika anakan murai yang masih 1 bulan pun harganya sudah menembus angka jutaan rupiah. Hal ini tentu menjadi  'ATM' menggiurakan bagi pelaku bisnis penangkaran burung murai.
penagkaran murai,murai medan,murai batu

"Anakan murai umur 1 bulan, kalau yag betina kisaran harganya Rp.1 juta hingga Rp.1,5 juta/ekor. Sedangkan untuk yang pejantan harganya dikisaran Rp.2 juta hingga Rp.2,5 juta/ekor. Kalau sepasang murai yang sudah siap produksi kisaran harganya Rp.7 juta hingga Rp.8 juta.

Selera penghobi burung murai memang ada perbedaan antara kelas pemula dan kalangan yang sudah lama berkecimpung sebagai penghobi murai. Kalau kelas pemula, orientasi mereka untuk pilihan burung lebih didasarkan pada aspek ekor panjangnya. Kalau kalangan bukan pemula lagi, yang penting suara bisa masuk kualitas lomba. Kalangan pemula banyak yang cari murai trah Medan karen ekor panjang dan gerakan gaya ngocehnya yang bagus.
penagkaran murai,murai medan,murai batu

Proses penjodohan murai umumnya dilakukan dengan pejantan murai yang ada di dalam sangkar di masukan ke dalam kandang betina. Pelepasan pejantan dari sangkar kisaran 1-3 minggu tergantung kesiapannya.

"Kadang malah bisa tarung juga. Kalau terjadi tarung itu bisa karena tidak cocok, bisa juga karena salah satu (betina/pejantan) belum siap/belum dewasa. Kalau cuaca panas, 12-13 hari telur sudah bisa menetas. Tapi kalau cuaca dingin biasanya 14 hari baru bisa menetas,"

Anakan murai setelah proses dipisahkan dari induknya kemudian diletakkan di dalam sangkar tersendiri, ketelatenan ekstra juga dibutuhkan. Dalam sangkar perlu diberi penutup atau krodong saat malam hari. "Karena saat awal murai belum makan sendiri , maka kita harus telaten meluangkan waktu unutuk menyuapi anakan murai.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com,wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi informasi mengenai Burung Murai Jadi ATM Menawan yang bisa burungkicaunusantara.com sampaikan, semoga informasi ini  bisa bermanfaat untuk anda semua.
Catatan : Semua itu tergantung juga pada diri kita masing-masing apakah kita telaten dan tekun dalam hal ini atau tidak.
Baca Juga :
 

0 Response to "Burung Murai Jadi ATM Menawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel