-->

Penilain Dasar Pada Perlombaan Burung Perkutut

Burung perkutut adalah salah satu jenis kicau yang banyak juga di perlombakan, karena burrung ini memiliki keunikan sendiri pada kicauanya tapi mungkin masih ada yang kurang tau mengenai apa saja penilain yang di lakukan oleh juri saat lomba, di sini saya akan coba sampaikan sedikit informasi mengenai dasar penilain lomba pada perkutut.

kicau perkutut,burung perkutut

Informasi ini saya berikan berdasar SK dari Konggres P3SI Pusat yang di seleggarakan di Jakarta pada tahun 1994 bahwa penilain burung perkutut di lihat dari.
  1. Pertama kali burung mengeluarkan kicaunya atau  bisa di katakan suara depanya (Angkatan pertamanya)
  2. Di lihat juga dari suara tengahnya   
  3. Di lihat juga dari lengkungan suaranya
  4. Di lihat pula air suaranya
  5. Dan yang kelima suara merdu Iramanya

Adapun rincian dari penilain dari 5 di atas adalah sebagai berikut :

  • Angkatan Pertama kali burung bersuara depan
Apabila burung mempunyai angkatan yang tinggi atai istilahnya nyalip pada angkatan pertama maka burung ini akan mendapat nilai yang tinggi
  • Tengah (suara tengah)
Pada suara tengah burung di haruskan mempunyai suara yang jelas dan tidak kabur yait biasanya berbunyi sperti Ke-Tek, yang bersih maka burung akan mendapat nilai yang bagus
  • Terkhir / Ujung
Pada suara akhiran ini burung di nilai dari kaungan saura terakhirnya apa bila suara kaungan terakhir berat dan bersuara rendah yang jernih maka akan mendapat nilai yang tinggi.
  • Suara Dasar
 Pada dasar suara ini burung di nilai dari power, kejernihan suarnya dan iramnya yang tidak naik turun maka apabila burung seperti ini burung akan mendapatkan nilai yang tinggi 
  • Lagu Atua Irama
Untuk penilain pada iramanya di nilai pada penggabung nilai dari yang di atas yaitu penggabungan nilai angkatan awalnya, suara tengahnya dan sauara terakhirnya.
Sumber : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit informasi mengenai tata cara penilain pada burung perkutut saat lomba semoga sedikit informasi ini bisa bermafaat bagi kicau mania semua.
Salam kicau mania. 
Baca Juga :

0 Response to "Penilain Dasar Pada Perlombaan Burung Perkutut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel