-->

Jenis-Jenis Ayam Kampung

Burung Kicau Nusantara - Sebelum anda memulai beternak ayam kampung alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu macam-macam jenis kampung yang ada, karena ini akan memudahakan kita nantinya untuk membudidayakan atau beternak ayam kampung.

Macam Spesies Ayam Kampung

1. Ayam Kedu
        Ayam kedu merupakan ayam lokal yang berkembang di Kabupaten Magelang dan Temanggung atau eks. Kersidenan Kedu ( Jawa Tengah ). Berdasarkan penampilan warna, ayam kedu dapat dibedakan menjadi empat jenis sebagai berikut.

a. Ayam Kedu Hitam
      Ayam kedu hitam mempunyai penampilan fisik hitam semua, tetapi kalau diamati secara teliti warnanya tidak terlalu hitam. Penampilan kulit belakang dan jengger masih mengandung warna kemerah-merahan. Bobot ayam kedu jantan deewasa antara 2 sampai 2,5 Kg, sedangkan yang betina hanya 1,5 Kg. Ayam ini sering disamakan dengan ayam cemani karena tampak serba hitam.

b. Ayam Kedu Putih
jenis ayam kampung pedaging, jenis ayam kampung petelur, harga ayam kampung

      Ayam kedu putih ditandai dengan warna bulu putih mulus, jengger dan kulit mukanya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Jenggernya tegak berbentuk wilah. Bobot ayam jantan kedu putih dewasa mencapai 2,5 Kg. Sedangka bobot ayam kedu putih betina 1,2 Kg sampai 1,5 Kg.

c. Ayam Kedu Cemani
       Ayam kedu cemani memiliki penampilan sosok tubuh hitam mulus, termasuk paruh, kuku, telapak kaki, lidah telak (langit-langit mulut), bahkan daging dan tulangnya juga hitam. Sosoj tubuh ayam kedu jantan dewasa tinggi besar dan bobonya antara 3 Kg sampai 3,5 Kg, sedangkan yang betina dewasa berbobot antara 2 Kg sampai 2,5 Kg.


d. Ayam Kedu Merah
      Ayam kedu merah ditandai dengan warna bulu hitam mulus, tetapi kulit muka dan jengger berwarna merah, sedangkan kulit badanya berwarna putih. Sosok tubuh ayam kedu merah tinggi besar dengan bobot ayam jantan dewasa 3 Kg sampai 3,5 Kg, sedangkan bobot ayam betia 2 Kg sampai 2,5 Kg.

2. Ayam Nunukan
jenis ayam kampung pedaging, jenis ayam kampung petelur, harga ayam kampung

      Ayam nunukan disebut juga ayam Tawao. Ayam ini merupakan ayam lokal yang berkembang dipulau Tarakan, Kalimantan Timur. Ayam nunukan diperkirakan berasal dari Cina. Karakteristik ayam nunukan adalah warna bulunya merah cerah atau merah kekuning-kuningan, bulu sayap dan ekor tidak berkembang sempurna. Sementara paruh dan kakinya berwarna kunign atau putih kekuning-kuningan dengan jengger dan pial berwarna merah cerah. Jenggernya berbentuk wilah dan bergerigi  delapan. Stadium anak ayam sampai umur 45 hari cenderung berbulu kapas. Berat badan ayam nunukan jantan dewasa 3,4 Kg sampai 4,2 Kg, sedangkan yang betina 1,6 Kg sampai 1,9 Kg.

3. Ayam Belenggek
      Ayam belenggek berasal dari Sumutra Barat, tepanya di pedalaman Kabupaten Solo. Ayam ini pandai berkokok dengan suara yang merdu dan iramanya bersusun-susun, panjang sampai terdiri atas 6 sampai 12 suku kata. Semakin panjang suku katanya , semakin panjang kokonya.

4. Ayam Sumatra
jenis ayam kampung pedaging, jenis ayam kampung petelur, harga ayam kampung

      Ayam sumatra merupakan ayam lokal dari Sumatara Barat. Penampilan perawakannya tega gagah, tetapi ukuran tubuhnya kecil. Ayam sumatra jantan berkepala kecil, tetapi tengkoraknya lebar. Pipinya menggantung ke bawah. Paruh ayam sumatra umumnya pendek dan paruh berwarna hitam, dengan cuping kecil dan berwarna hitam. Ayam sumatra memiliki jengger berbentuk wilah dan berwarna merah. Kulit muka juga berwarna merah atau hitam, ditumbuhi bulu halus yang jarang. Bobot ayam sumatra jantan dewasa 2 Kg, sedangkan yang betina 1,5 Kg.

5. Ayam Pelung
       Ayam pelung merupakan ayam lokal yang berkembang di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi ( Jawa Barat ). Ayam pelung memiliki sosok tubuh besar dan tegap, temboloknya nampak menonjol. Kakinya panjang, kuat dan pahanya berdaging tebal. Ayam pelung jantan memiliki jengger berbentuk wilah yang besar , tegak bergerigi nyata dan warna merah cerah. Ayam pelung betina mempunyai jengger, tetapi jengger tersebut tidak berkembang dengan baik. Ayam pelung jantan dewasa mempunyai bobot badan berkisar antara 3,5 Kg sampai 5,5 Kg, sedangkan yang betina 2,5 Kg sampai 3,5 Kg.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikan tadi informasi tentang Jenis-Jenis Ayam Kampung untuk postingan kali ini, kami akan update informasi informasi lainya untuk anda secara berkala jadi pastikan anda tidak ketinggalan informasinya.
Baca Juga :
Ciri - Ciri Bibit Ayam Kampung yang Unggul

0 Response to "Jenis-Jenis Ayam Kampung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel