-->

Waktu Yang Tepat Untuk Menjodohka Burung Derkuku


Pada musin hujan katanya adalah musim yang tepat untuk berternak derkuku, musin hujan biasanya akan mulai memasuki pada bln. oktober, berdasar sebagian peternak burung derkuku, musim inilah waktu yang pas untuk menjodohkan burung derkuku yang merupakan burung endemik di asia tenggara tersebut. apakah benar demikianlah ?
H dhofir, pemilik mila bird farm jogja, berikan panduan yang menarik tentang cara penjodohan derkuku pada musim penghujan, sebagaimana yang diceritakannya pada majalah burung agrobis. menurutnya, pada musim penghujan, cuaca pasti lebih dingin dari pada musim kemarau, hingga derkuku condong tidak agresif.

disamping itu, biasanya burung alami moulting ( rontok bulu ). “karena itu, demikian disodori pasangan baru, umumnya segera di terima dengan tangan terbuka. cuaca dingin bikin derkuku jantan serta betina dengan naluriah pingin berdekat-dekatan, ” tuturnya. 

Sistem penjodohan derkuku tidak jauh dengan penjodohan burung  perkutut serta puter, dua spesies yang tetap kerabat dekat derkuku. awal mulanya cuma saling berdekatan, lantas dilanjutkan dengan percumbuan dimana burung jantan dapat menyisir bulu-bulu betina. sistem penjodohan meraih puncaknya saat derkuku jantan mengawini pasangannya.

menurut H dhofir, frekuensi reproduksi derkuku pada musim penghujan relatif lebih rendah atau tidak terlampau teratur. mengakibatkan, periode bertelur lalu jadi renggang. menurut pengalaman, bila mereka reproduksi pada awal musim penghujan layaknya saat ini ini, telur baru keluar pada bulan januari atau tiga bln. lagi.

Burung Galak pun Menjadi  Jinak
Waktu Yang Tepat Untuk Menjodohka  Derkuku
H Dhofir (kiri), pemilik Mita BF Kotagede (Foto: KR Jogja)
apakah menjodohkan derkuku di musim penghujan serta baru tiga bln. membuahkan telur adalah tindakan percuma ? pasti tidak ! langkah ini justru menolong beberapa peternak yang kesusahan menjodohkan derkuku jantan dengan karakter super agresif.
tidak sedikit burung derkuku yang jantan galak, senang mematuk apalagi menganiyaya burung betina. bila mutu suaranya bagus, terlebih bila datang dari trah juara, pasti sukar untuk peternak untuk dapat memperoleh anakan dari burung tersebut.
itu penyebab, burung-burung galak amat pas jiak melakukan reproduksi pada bulan-bulan ini, atau sekurang-kurangnya hingga pertengahan bln. depan. karena sistem penjodohan jadi lebih gampang.

untuk mempercepat penjodohan, H dhofir  umumnya berikan jamu atau suplemen dan kadang juga ia juga meramunya sendiri berbahan-bahan herbal. adapun untuk suplemen, ia membelinya di beberapa toko burung.

sebagai pemain derkuku yang mempunyai banyak jago di lapangan, musim hujan adalah waktu yang pas untuk menjodohkan beberapa bekas jawara. bila lalu baru bertelur bln. januari, anakan telah besar serta siap berlaga di musim kemarau. wah, manajemen praktis dari praktisi sejati…. om serta tante mempunyai pengalaman tidak sama ?
Sumber : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikiantadi sedikit informasi mengenai penjodohan derkuku semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para kicau semua. Saya harap anda berkujung kembali di b blog burungkicaunusantara.com karena admin akan mengupdate informasi menarik lainya secara berkala.
Tag : ciri derkuku jantan dan betina,kandang ternak derkuku, makanan derkuku yang bagus, jual derkuku, peternak derkuku, sangkar derkuku, derkuku putih/, cara membedakan puter jantan dan betina. 
Baca Juga :

0 Response to "Waktu Yang Tepat Untuk Menjodohka Burung Derkuku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel