-->

Memelihara Merpati Hias Menyenangkan

Burung Kicau Nusantara - Hobi memelihara merpati banyak ditemukan masyarakat. Tak terkecuali merpati hias dengan  keindahan maupun keunikan bentuk badan serta warna bulu. Ketika bergabung dalam komunitas sesama penggemar merpati hias seperti Indonesia Fancy Pigeon Community (IFPC) bisa banyak  menambah pengalaman dan persaudaraan. Seperti salah satu penggemar dan pembudidaya merpati hias sudibyo asal Kulonprogo. Ia tergabung di IFPC DIY sehingga bisa mengikuti kontes merpati hias tingkat nasional sampai beberapa daerah.
merpati hias, harga merpati hias, budidaya merpati hias

Bersama pengurus maupun anggota IFPC  DIY kami bisa mengikuti kontes merpati hias tingkat nasional berangkat secara rombongan. Jadwal kontes tingkat nasional biasa digelar tiga bulan sekali sampai dengan setahun sekali dengan tempat berpindah-pindah.

Sejumah merparti hias koleksinya pun pernah terpilih sebagai juara kontes tingkat nasional. Jenis merpati hias yang dibudidayakan antara lain Indian fantail (IF) lokal atau Persi, Rever Wing, Frillback dan Modena. Khususnya jenis persi senang yang warna putih,abu-abu dan coklat. Ciri khasnya antara lain,bagian ekor mekar seperti kipas dan ujungnya kriting lebih bagus. Selain itu kaki-kakinya juga berbulu, semakin lebat dan panjang semakin bagus dan mahal harganya.

merpati hias, harga merpati hias, budidaya merpati hias

Jenis rever wing antara lain mempunyai ciri, badan lebih tinggi dibanding dengan jenis lain dan bulu-bulu pada kaki panjang serta lebat. Kian unik mempunyai warna bulu berbeda dari leher sampai dekat sayap serta di bagian kepala dan biasa di sebut marking. Sedangkan merpati hias modena yang awalnya berasal dari luar negeri termasuk merpati kecil dengan ukuran panjang badan kisaran 25cm, namun
tampak buntek dan biasa bergaya anggun.

Saya sendiri merasakan mempunyai banyak keuntungan dengan menerjuni hobi memelihara merpati-merpati hias. Selain dapat dijadikan klangenan yang menyenangkan untuk dilihat, penjualanya juga lumayan mudah. Ketika dipasarkan lewat internet banyak yang ingin membeli. Belum lagi teman-teman komunitas dan orang lain secara gethok tular (dari mulut-kemulut). sumber KR.

Baca Juga Artikel Terkait Lainya:

0 Response to "Memelihara Merpati Hias Menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel