-->

Menganal Ciri-ciri Murai Batu Borneo

Burung Kicau Nusantara - Burung murai batu merupakan burung pengicau yang memiliki nama latin dinamai copsychus malabaricus burung ini banyak tersebar di  Asia Tenggara, China barat daya, sunda besar, India, semenanjung malaysia, dan juga Indonesia. Di Eropa burung murai batu sering disebut white rumpe sementara di Indonesia sendiri burung murai batu menurut kalangan hobbiest dibedakan berdasarkan daerah asalnya.

Beberarapa jenis murai batu yang dikenal di Indonesia diantaranya seperti Murai Larwo yang berasal dari Jawa, Murai batu Sumatera dan murau batu Borneo yang berasal dari kalimantan. Untuk burung murai borneo sendiri juga mempunyai beberapa jenis seperti Murai batu Palangka, Murai batu Mahkota (Kepala Putih) dan juga murai batu Banjar. Murai batu Borneo memiliki karakteristik yang sangat mudah dikenali adalah gayanya pada saat tarung, yaitu kepala yang menengadah ke atas kemudian membungkuk ke bawah dengan gerakan cepat maupun lambat, dan juga murai borneo saat bertarung suka membusungkan dada dan bulu yang mengembang.

murai batu borneo, suara murai bat borneo, harga murai batu borneo


Pesebaran Murai Batu Borneo
  1. Murai batu Mahkota (whit  crowned shama) banyak tersebar di kalimantan bagian utara dan juga kalimantan barat.
  2. Burung burneo Palangka atau murai kalteng banyak tersebar di wilayah kalimantan Barat dan juga kalimantan tengah.
  3. Murai borneo Banjar tersebar di daerah Kalimantan Timur dan juga Kalimantan Selatan.

Tips Memilih Murai Batu Borneo

Untuk memilih burung borneo yang bagus sebaiknya pilih yang memiliki kepala yang berbentuk papak, dengan leher yang agak besar ini menunjukan besarnya volume yang akan dihasilkan. Serta pilih burung murai borneo yang memiliki tatapan mata yang tajam dan tidak sayu, pilih juga dengan paruh yang memiliki bukaan yang lebar biasnya pada saat tarung murai batu borneo akan mengeluarkan tembakan dengan full power. Pilih burung borneo yang memiliki ekor agak pendek dari 10cm sampai dengan 13cm.  Untuk kaki sebaiknya pilih warna kaki yang Cokelat kehitaman, atau hitam peka dan juga Coklat kemerahan jangan memilih yang putih kekuningan. sementara untuk warna bulu dada pilih dengan warna bulu coklat muda, biasanya murai batu borneo seperti ini memiliki sifat fighter yang tinggi.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google
Untuk membedakan murai jantan dan betina bisa melihat di postingan sebelumnya :

Ciri-Ciri Membedakan Burung Murai Batu Jantan Dan Betina

0 Response to "Menganal Ciri-ciri Murai Batu Borneo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel