-->

Cara Menangkar Burung Cucak Hijau


Burung Kicau Nusantara - Cucak hijua merupakan burung kicau yang banyak di cari para pecinta burung kicau di karena burung ini memiliki suara yang bagus sehingga tidak sedikit pula para pecinta burung kicau khususnya cucak hijau ini menjadikannya penangkaran karena selain bisa menjadi hobi bisa juga menjadi lahan bisnis, seperti pepatah bilang sambil menyelam minum air.
Keyword :
  • ternak cucak ijo sangkar gantung
  • ternak cucak ijo banyuwangi
  • penangkaran cucak ijo jawa tengah
  • video cara ternak cucak ijo

menangkar cucak hijau,cara ternak burung cucak hijau,Cara Menangkar Burung Cucak Hijau
Akan tetapi dalam menangkar burung cucak hijau agar bisa berhasil tidak boleh main-main, ada hal-hal yang harus di perhatikan yaitu seperti pemilih :

Pemilahan indukan yang baik dalam artian dalam memilih indukan cucak hijau baik itu yang janta ataupun betina kita harus memilih indukan yang sehat dan tidak cacat dan juga memiliki suara yang gacor dan perkiraan umur indukan yang bagus adalah di atas 2 tahun untuk cucak hijau jantan dan di sekitar 1 tahun untuk cucak hijau betina.
Proses penjodohan dalam proses penjodohan ini sebaiknya anda menggunakan sangkar atau kandang yang di sekat ini bertujuan untuk melakukan pendekatan anatara burung cucak
hijua jantan dan betina dan setalah burung cucak sudah mulai kenal dan saling bersautan dalam berkicau langkah berikutnya anda bisa melepas sekat atau menjadikan satu dalam
sangkar.
menangkar cucak hijau,cara ternak burung cucak hijau,Cara Menangkar Burung Cucak Hijau

Adapun untuk untuk mempercepat penjodohan ada beberapa cara adapun caranya adalah sebagai berikut :

Pada hari pertama berikan Extra Fooding (EF) pada masing-masing burung yaitu dengan memberikan 10 ekor cacing dan juga 10 ekor jangkrik.
Pada hari kedua berikan EF lagi sama pada hari pertama akan tetapi untuk burung cucak hijau betina berikan 1/2 nya saja.
Pada hari ketiga berikan EF lagi dengan porsi burung cucak hijua jantan di tambah EF nya sementara untuk cucak hijua betina di hilangkan.

Masa Pengeraman
Dalam masa pengeraman sebenaranya yang di lakukan sama dengan burung pada umumnya yaitu di tempatkan di tempat yang tenang dan terbebas dari predator baik itu tikus,kucing dan lainya. Dan untuk menghidarkan dari seranga penyakit selalu jaga kebersiahan kandang setiap waktunya ("jangan sampai mengganggu proses pengeraman") karena apabila terserang penyakit dan lingkuanga yang tidaknyaman akan mengakibatkan proses pengeraam bisa gagal, dan kemungkinan terburuknya telur tidak akan bisa menetas, biasanya burung cucak hijua akan menetaskan anaknya pada ke hari 14 pada pengeraman
maka pada memassuki hari ke 12 berikan EF pada Indukan agar pada saat menetas di hari pertama burung indukaan akan dapat memberikan makanan langsung pada anakanya.

Menejemen Anakan
Setelah burung anakan cucak hijua sudah lahir atau  menetas anda tidak boleh memisahkan langsung dari induknya karena anakan masih lemah dari segi tahan tubuhnya, anda bisa memisahkan dari indukanya setelah usia 5 sampai 10hari dan jangan kebih di atas dari 10 hari karena jika lebih dari 10 hari biasanya burung sudah takut dengan manusia jadi akan sulit unutk merawatnya. Dalam merawata anakan harus di perhatikan segi kebersihan kandang dan juga faktor makanannya, dalam usia 5 sampai 10 hari ini anda harus extra dalam merawatnya ak luput juga dari segi kenyamanan si burung cucak hijua anakan sebaiknya gunakan alas yang lembut pada sangkar pada usia ini agar anakan tidak terluka.
Dalam memberikan makanan anda bisa memberikan makanan berupa krota ataupun semut yang sudah mati dan pastikan kroto yang anda berikan sudah bersih, anda bisa memberikanya dengan cara di suapkan atau dengan cara ngeloloh orang jawa bilang ;) sebelum proses munyuapi sebaiknya kroto atau semut tadi di tetesi air atau di basahai air agar lebih mudah di cernak oleh anakan burungnya, untuk melatih anakan agar lincah berikan tangkrigan yang bertingkat.
 menangkar cucak hijau,cara ternak burung cucak hijau,Cara Menangkar Burung Cucak Hijau
Dan biasnya pasca anakan di ambil dari indukanya rentan antara 7 sampai 10 hari makan indukaan akan bertelur kembali dan burung indukan akan mengalami masa mabung atau mengganti bulu, pada masa ini anda harus extra dalam merawatnya dan pastikan anda memberikan EF yang tepat, untuk perawatan cucak hijau pada masa mabung anda bisa membacanya di artikel burung kicau nusatara sebelumnya yaitu di Perawatan Burung Cucak Ijo Selama Mabung.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com,wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Cara Menangkar Burung Cucak Hijau yang bisa kami sampaikan dan pastikan anda berkunjung kembali di situs kami karena kami akan selalu update informasi menarik lainya secara berkala untuk anda semunya.

TAg :  peternak cucak ijo jantan alamat, sarang cucak ijo di alam liar, peternak cucak ijo di jawa timur, ternak cucak ijo mini.

Baca Juga :

0 Response to "Cara Menangkar Burung Cucak Hijau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel