-->

Burung Pelatuk Bawang Dan Daya Mistisnya

Burung Kicanu Nusantara - Burung pelatuk bawang adalah burung anggota famili Pecidae yang bisa ditemukan mulai dari Bangladesh, Brunei, China, Kamboja, Filipina, Malaysia, Myanmar, Laos, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia. Di Indonesia, burung ini utamanya dapat di jumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. 
Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Common Flameback atau Common Goldenback. Di Indonesia dan Melayu burung pelatuk bawang dikenal juga sebagai burung jelatuk, belatuk pinang muda, dan Pelatuk besi. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) burung ini dinamakan Dinopium javanense.
Burung sarat khasiat mistik ini berukuran sedang. Bulu sayap berwarna kuning, bulu leher berwarna hitam dengan garis-garis berwarna putih. Burung jantan mempunyai mahkota berwarna merah sedangkan mahkota burung pelatuk betina berwarna hitam.
Burung Pelatuk Bawang Dan Daya MistisnyaBurung pelatuk bawang ini menyukai hutan daerah tropis dan subtropis di daerah dataran rendah hingga hutan bakau. Populasinya tidak diketahui dengan pasti. Tetapi oleh IUCN redlist, burung pelatuk bawang dikategorikan sebagai “Least Concern” sejak tahun 1988.Burung pelatuk bawang yang memiliki nama latin Dinopium javanense adalah burung dari keluarga famili pecidae yang biasa ditemukan di Brunei, Filipina, Malaysia, Bangladesh, Laos, Thailand, Vietnam, Myanmar dan juga Indonesia. Di Indonesia  burung pelatuk bawang ini dapat ditemukan di daerah Nusa Tenggara, Kalimantan, Sumatera, Jawa dan juga Bali.

Dalam bahasa inggirs burung pelatuk bawang sering disebut dengan  Common Goldenback atau Common Flameback. Di Indonesia sendiri burung pelatuk bawang ini sering disebut juga dengan nama burung belatuk pinang muda, pelatuk besi dan juga burung jelatuk.

Burung ini banyak dicari bukan karena untuk dinikmati kicaunya ataupun untuk masteran burung pelatuk bawang ini nasibnya sangat tragis dibandingkan dengan burung pelatuk lainya yang masih dijadikan klangenan. Tidak demikian dengan burung pelatuk bawang ini burung ini dipercaya syarat akan khasiat mistik, burung ini sering dijadika sebagai pelengkap sesaji hampir semua bagian tubuhnya kaya akan daya mistik.

Contoh lain burung ini juga sering dijadikan obat koeat, burung pelatuk bawang ini juga bisa menjadikan seseorang menjadi orator dan ahli debat ulung.Karena kepercayaan tentang khasiat burung pelatuk ini membuat burung pelatuk bawang ini menjadi langka dan terancam punah.

Burung pelatuk ini memmiliki ukuran sedang, dengan warna bulu sayap kuning, bulu leher berwarna hitam putih bergaris. Untuk membedakan burung pelatuk jantan dan betina bisa dilihat dari jambul atau mahkotanya, biasanya burung pelatuk bawang jantan memiliki mahkota berwarna merah sedangkan untuk pelatuk bawang betina mahkto berwarna hitam. Burung ini berhabitat di daerah tropis dan  suptropis didaerah dataran rendah dan juga sampi di hutan bakau. 



Burung Pelatuk Bawang Dan Daya Mistisnya
Burung Pelatuk Bawang

Populasi burung pelatuk bawang ini juga tidak diketahui pasti, tetapi oleh IUCN redlist, burung pelatuk bawang ini dikategorikan sebagai "Least Concern" pada tahun 1988. Dan juga burung pelatuk bawang ini ditetapkan sebagai fauna identitas kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Khasiat Burung Pelatuk Bawang.
Burung pelatuk bawang sarat akan muatan mistis dan dipercaya mempunyai kekuatan mistik yang ampuh. Bagi masyarakat Jawa, Burung Pelatuk Bawang menggambarkan watak yang mempunyai pendirian yang kuat, rajin bekerja tetapi tidak sabar. Dalam berbagai primbon Jawa dan Melayu (salah satunya primbon Betaljemur Adammakna), burung pelatuk bawang mempunyai khasiat sebagai:

  • Penangkal maling dan rampok.
  • Tolak balak ilmu hitam.
  • Penolak dan penyembuh berbagai macam penyakit.
  • Menyembuhkan penyakit gila.
  • Membuat pandai dan lincah berbicara dan berdebat.
  • Menumbuhkan kewibawaan.
  • Pengikat istri atau suami.
  • Menyepuh dan meningkatkan kesaktian sebuah senjata.
  • Mempercantik wajah dan aura (pesona) tubuh.
  • Meningkatkan stamina dan keperkkasaan.
Untuk bagaimana cara menggunakannya  tentu tidak akan dibahas di sini karena ini akan membuat burung pelatuk semakin banyak dicari untuk hal-hal yang mistis seperti itu yang akan mengakibatkan burung pelatuk bawang ini akan semakin langka dan bahkan nantinya akan punah, kita sebagai pecinta burung tentunya tidak ingin hal itu terjadi oleh sebab itu marilah kita ikut menjaga dan melestarikan burung pelatuk bawang ini.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google


Demikian tadi sedkit informasi Burung Pelatuk Bawang Dan Daya Mistisnya yang bisa burung kicau nusantara sampaikan semoga dengan sedikit informasi ini bisa menambah wawasan kita dan bisa bermanfaat buat anda semuanya.  Kami akan selalu update informasi menarik lainya secara berkala jadi pastikan anda tidak ketinggalan beritanya.
 
Baca juga artikel terkait lainya :

4 Responses to "Burung Pelatuk Bawang Dan Daya Mistisnya"

  1. Saya baru dapat tangkapan dari alam liar pelatuk bawang 2 ekor jantan semua...kl di jual berapa harganya ya hub 085759900368.5174e5d1

    ReplyDelete
  2. Saya baru dapat tangkapan dari alam liar pelatuk bawang 2 ekor jantan semua...kl di jual berapa harganya ya hub 085759900368.5174e5d1

    ReplyDelete
  3. Siang mas ...butung pelatuknya seperti gmn ? Boleh kirim gambarnya tidak ? Terimakasih ..saya sedang cari burung pelatuk cuma ga tau typenya

    ReplyDelete
  4. Siang mas ...butung pelatuknya seperti gmn ? Boleh kirim gambarnya tidak ? Terimakasih ..saya sedang cari burung pelatuk cuma ga tau typenya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel