-->

10 Cara Menghilangkan Stress Pada Burung Kicau

Buurng Kicau Nusantara - Burung kicau, baik itu burung kicau seperti cucak hijau, anis merah, cendet, prenjak, ciblek, kacer dan yang lainyan. merupakan burung yang senang sekali dengan lingkungan yang sejuk dan asri. Dalam kondisi atau lingkungan yang sejuk dan asri burung akan merasa nyaman dan tenang sehingga burung tersebut akan rajin berkicau, begitu pula dengan burung kicau peliharaan kita. Kita harus selalu membuat lingkungan kita selalu sejuk dan asri bagi si burung kicau agar burung kicau kita rajin berbunyi.

Faktor ini meskipun terlihat sederhana akan tetapi hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap burung kicau kita, bisa-bisa apabila hal ini tidak diperhatikan akan membuat burung kita bisa stress dan tidak mau bunyi atau berkicau lagi. Hal ini tentunya akan membuat kita sebagai pemilik burung kicau juga akan merasa stress. Terus bagaimana jika burung kicau sudah terlanjur strees ?
 
Untuk mengatasi hal itu burung kicau nusantara akan mencoba memberikan tips bagaimana caranya menghilangkan stress pada burung.

Berikut adalah Cara Menghilangkan Stress Pada Burung Kicau
(Treatment dan cara ini dilakukan pada burung Kacer, Tledekan dan Anis Merah)

Men-treatment burung dengan cara seperti berikut ini :1. Saya cari sangkar bekas pakai yang agak besar (ukuran 40)
2. Wadah tatakan warkop/warung kopi yang biasanya dipakai sebagai wadah air di karamba
3. Tanah sawah secukupnya
4. Ikan yg biasa hidup di sungai yg biasanya saya sebut sebagai ikan gathul/cemplon (didaerah lain bisa beda penyebutan)
5. Cacing tanah
10 Cara Menghilangkan Stress Pada Burung Kicau

Langkah-langkah sebagai berikut : 
  1. Buat mal diatas tanah sesuai panjang dan lebar kandang. lalu gali tanah sebesar ukuran kandang tersebut (kurang lebih kedalaman 5 CM, lalu saya ambil tanahnya
  2. Tanah sawah yang telah saya basahi (dibuat semi kering/Semi basah/nyemek-nyemek) saya masukkan ke lubang yang telah saya gali tersebut (sebagai ganti tanah yang telah saya ambil).
  3. Saya atur tempat mandi (tatakan warkop) sedemikian rupa (sebagian dasarannya saya masukkan tanah) agar tidak mudah tumpah air yang ada didalamnya
  4. Lepas tebok/jeruji bawah kandang dan lalu letakkan diatas alat-alat sedemikian rupa (buat space yang memadai agar kolam buatan kita senyaman mungkin). untuk mengantisipasi supaya tidak gampang roboh, tanam kaki-kaki kandang tersebut kedalam tanah.
  5. Berilah tangkringan dengan posisi yang nyaman (disesuaikan dengan selera kita juga bisa), tuang air kedalam wadah air (tatakan warkop)
  6. Masukkan ikan ikan kecil 5-10 ekor saja kedalam kolam buatan kita
  7. Aduk cacing 5-10 ekor dengan tanah sawah tersebut, atur cacing-cacing tersebut agar tidak berada terlalu dalam tertimbun dalam tanah sawah
  8. Masukkan burung yang akan kita treatment
  9. Biarkan berada dalam kandang alam mini buatan kita 2-3 jam dan biarkan dia bermain sesukanya (mematuk-matuk cacing, memburu ikan dan lain-lain)
  10. Sebelum memasukkan kembali ke kandang hariannya, masukkan burung yang kita treat tersebut kedalam karamba mandi agar bersih kembali.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Selamat mencoba, semoga berhasil.
Sebagai catatan, setelah melakukan treat ini selama 2 minggu berturut-turut, burung-burung ini mau kembali ke performa awalnya. kutipan (Istono YR : Mei KM)

Demikan  tadi sedikit tips atau cara menghilangkan stress pada burung kicau, semoga dengan sedikit tips ini bisa bermafaat bagi para kicau mania. Dan pastikan para kicau mania selalu berkunjung situs burung kicau nusnatara karena admin akan meng-update atau memberikan informasi terbaru bagi para kicau mania semua jadi pastikan kicau mania selalu berkunjung di situs burung kicau nusnatara.

Jangan Lupa Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

0 Response to "10 Cara Menghilangkan Stress Pada Burung Kicau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel