-->

Perkutut kelas lomba tidak sekedar dimandikan

Burung Kicau Nusantara - Mempunyai burung perkutut sendiri kelas lomba mampu memberikan kebanggaan tersendiri. Apalagi ketika diikutkan lomba biasa menyandang predikat juara mulai dari tingkat lokal, regional sampai nasional. Adapun untuk merawat perkutut-perkutut jawara ini membutuhkan kedisiplinan, ketekunan serta perlu meluangkan waktu setiap harinya.

Tak jarang pemilik perkutut kelas lomba karena faktor kesibukanya menitipkan perkutut jawara di rumah perawat perkutut yang dikenal piawai menangani perkutut-perkutut kualitas lomba.

Menurut para penghobi perkutut, perawatan rutin secara umum yang dilakukannya untuk perkutut kelas lomba, antara lain seminggu sekali dimandikan. Waktu memandikan biasanya setiap 3 hari sebelum burung ikut lomba. Contohnya rabu pagi dimandikan sebelum turun lomba pada minggu paginya. Sehingga ketika dilombakan burung lebih bersih, sehat dan wangi. 

Menurut para penghobi yang pernah menjuarai lomba perkutut, burung perkutut tidak hanya dimandikan dengan air biasa saja, namun juga memandikan burung perkutut dengan menggunakan rebusan sejumlah bahan alami antara lain ada daun sirih, saga dan katuk. Ketika air hasil rebusan sudah dingin atau hangat, perkutut diambil dari sangkar lalu dimandikan dan beberapa kali bagian badan direndam.
Perkutut kelas lomba tidak sekedar dimandikan


Sisa-sisa air yang masih menempel di bulu-bulu, ketika dibersihkan perkutut  sendiri akan menggunakan paruhnya dan terminum justru itu bagus untuk perkutut sendiri. Bahan-bahan yang direbus dan airnya untuk mandi bagus juga untuk mendukung kesehatan perkutut.

Setiap hari perkutut di jemur di pagi atau sore harinya tergantung cuaca. Saat dijemur burung juga di pantau kesehatannya, termasuk ketika pada ganti bulu (mabung), bisa diambil dari sangkar soliter dan ditempatkan di kandang umbaran. Ketika mabung sebaiknya tak diikutkan lomba maupun latihan bersama. Selain itu setiap seminggu sekali diloloh minyak ikan, antara lain dapat membantu menjaga perkutut tetap fit dan bulu-bulunya bisa tampil bagus.

Perkutut jawara yang ingin dijodohkan, tak boleh juga meloloh anakan atau piyikannya karena dikhawatirkan bisa merusak kualitas suara. Ketika telur yang dierami sekitar satu minggu segera diambil dan ditempatkan di sarang perkutut babu yang sedang mengeram.

Perkutut merupakan burung yang termasuk unik antara lain anakan yang berasal dari indukan jawara maupun mantan burung langganan juara belum tentu bagus kualitasnya. Namun peluang mendapatkan bagus tetap besar sehingga anakan dari burung bagus atau juga indukan mantan jawara tetap diburu kug mania (para penggemar burung perkutut ), Selain itu anakan dari indukan yang biasa-biasa saja, bisa juga menghasilkan anakan yang berkualitas.

Karakter

Setiap pemilik maupun perawat perkutut kelas lomba, sudah mengetahui karakter ataupun perlakuan yang diberikan pada setiap jawaranya.
 
Salah satu keuntungan bisa ikut latihan serta lomba secara rutin, yaitu bisa  hafal karakter masing-masing burung sekaligus melatih  mental bersama puluhan bahkan ratusan perkutut berkualitas.
 
Biasanya para kug mania akan memberikan terapi pada burung perkutut pada malam harinya sebelum turun lomba yaitu dengan cara memberikan pijatan ringan, setelah itu dipindah ke sangkar berkualitas bagus dan pagi harinya akan "kerja" baik dan  mengumpulkan poin maksimal.
 
Adapun sangkar-sangkar berkualitas bagus, bahkan bisa bertahan bertahun-tahun mayoritas dibanderol dengan harga di atas Rp.1 juta bahkan ada yang sampai Rp. 7 juta persangkarnya.

Untuk pakan burung perkutut biasanya para kug mania memberi campuran milet putih, gabah bangkok dan beras hitam.

Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google
 

Itu tadi sedikit informasi mengenai Perkutut kelas lomba tidak sekedar dimandikan yang bisa kami sampaikan semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat buat anda semuanya, untuk memperbaharui informasi yang menarik lainya kami akan selalu mengupdate secara berkala jadi pastikan anda tidak ketinggalan informasinya.

Baca Juga Informasi Menerik Lainya : 

0 Response to "Perkutut kelas lomba tidak sekedar dimandikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel