-->

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin

Burung Kicau Nusantara - Meski burung berkicau jenis trotokan atau trucukan tak diikutkan dalam lomba-lomba burung, namun peminat masih tinggi. Trotokan antara lain cocok dijadikan sebagai 'penyayi merdu' di rumah, apalagi ketika sudah ngropel atau rajin bersuara harganya bisa dibanderol rumayan mahal.

Selain sekedar dijadikan sebagai klangenan, dengan memelihara bahkan menangkarkan trotokan akan memberikan kepuasan dan kebanggaan tersendiri. Hal ini seperti diungkap salah satu  penangkar trotokan. Ditambahkan lagi ketika di alam bebas, habitat jenis burung ini semakin berkurang, berusaha untuk dapat melestarikan semampunya. Beberapa bakalan trotokan pun tengah disiapkan untuk ditangkarkan, selain burung lainya seperti derkuku dan jalak uren.

Salah satu kendala untuk menangkarkan trotokan, terkadang calon penangkar akan merasa sulit untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina.
 
Cek Jenis Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin
Salah satu cara untuk mengecek jenis kelamin trotokan, bisa menggunakan menggunakan cincin yang diikat benang. Selanjutnya burung dipegang dan diusahakan agar tenang, lalu cincin digantung di bagian atas kepala burung. Beberapa saat kemudian setelah cincin bergerak searah, maju mundur jenis kelamin nya biasa jantan. Lain halnya jika gerakan cincin memutar, jenis kelamin burung biasanya betina.
 
Pengecekan seperti ini berlaku untuk beberapa jenis burung lain, bahkan ayam masih anakan. Adapun cara lainnya yang ia terapkan untuk mengecek jenis kelamin trotokan, misalnya yang berkelamin jantan warna hitam di sekitar mata lebih hitam/kontras dan bulu dada lebih sedikit gelap. Sedangkan trotokan betina, warna hitam di dekitar mata lebih bersih  dan bagian bulu dada lebih cerah.
 
Untuk anakan dibiarkan diloloh induknya selama 7 hari setelah  7 hari bisa diloloh sendiri agar induk bisa berproduksi lagi. Selain itu anakan akan lebih jinak pada umur 1,5 bulan, biasanya sudah dapat makan sendiri. Lalu antara umur dua sampai tiga bulan, dapat dijual belikan. Hanya saja harga trotokan bakalan masih sering dihargai murah, apalagi jika pembelinya pedagang burung, yakni antara Rp 30.000 sampai Rp 75.000.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin, yang bisa kami sampaikan semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Dan pastikan anda berkunjung kembali di blog Burung Kicau Nusantara karena admin akan selalu update informasi menarik lainya secara berkala.
Baca juga artikel terkait lainya :

0 Response to "Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel