-->

Cara merawat burung kicau dan peliharaan yang baik di musim kemarau

Burung Kicau Nusantara - Menjaga kesehatan burung peliharaan ataupun burung kicau memang harus selalu kita perhatikan disetiap saatnya, apalagi pada saat pergantian  musim seperti ini, karena pada kasus yang terjadi selama ini pada pergantian musim burung akan cenderung gampang terkena penyakit bahkan ada yang mati secara tiba-tiba.

Bagaimana merawat burung kicau atau burung peliharaan kita pada saat musim kemarua agar tetap sehat dan rajin berkicau,berikut adalah tipsnya yang kami dapat dari berbagai sumber.

Cara merawat burung kicau dan peliharaan yang baik di musim kemarau :


merawat burung di musim kemarua, merawat burung di musim penghujan
Penjemuran
Sebelum penjemuran anda bisa memendaikan burung terlebih dahulu dengan cara di semprot lembut, kemudian anda bisa melakukan penjemuran. Pada musim kemarua anda bisa melakukukan penjemuran burung antara saat terbit mata hari sampai pukul 9 pagi. karena di jam seperti ini sinar matahari belum terlalu terik, sehingga burung tidak merasa kepanasan. Hindari penjemuran di atas jam 9 pagi  karena sinar matahari sudah mulai terik dan burung akan mudah kepanasan. Serta berikan EF setiap paginya.

Pengerodongan
Setelah burung selesai dijemur langsung kerodong dan tempatkan yang teduh agar burung bisa beristirahat setelah dijemur. Pada sore harinya burung di angin-anginkan, dan jika perlu burung dimandikan serta beri EF lagi. Untuk malam harinya kerdong kembali burung ini wajib dilakukan agar burung tidak kedinginan dan terhindar dari nyamuk.

Vitamin
Berikan vitamin 3 kali dalam seminggu, agar burung tetap dalam komdisi yang prima, dan apabila burung anda dalam masa mabung sebaiknya diberikan vitamin dalam setiap harinya.

Makanan dan Minum
Ganti makanan dan minuman setiap harinya, karena makanan dan minuman yang fress akan membuat burung tidak mudah terjangkit penyakit.

Sangkar/kandanng
Lakukan pembersihan sangkar/kandang setiap harinya terutama kotoran yang menempel di dasar sangkar, ini sangat penting dilakukan agar bakteri dan kuman tidak berkembang jika perlu semprotkan desinfektan untuk mematikan bakteri dalam sangkar.

Pantau Kodnisi burung
Pantau kondisi burung setiaap saat, apabila anda melihat perubahan tingkah laku burung yang menjadi malas lesu, selalu diam. Sebaiknya jangan melakukan penjemuran terlebih dahulu. Berikanlah obat antibiotik sesuai dengan kebutuhan jangan terlalu banyak memberikan obatnya nanti malah bisa oferdosis untuk lebih amannya anda bisa memberikan sesuai petunjuk dalam kemasanya.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Cara merawat burung kicau dan peliharaan yang baik di musim kemarau yang bisa kami sampaikan semoga dengan sedikit informasi ini bisa bermanfaat buat anda semuanya, kami juga akan selalu update informasi menarik lainya secara berakala jadi pastikan anda jangan sampai ketinggalan informasinya.

Baca Juga Artikel Lainya :

0 Response to "Cara merawat burung kicau dan peliharaan yang baik di musim kemarau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel