-->

Cara Menjinakan dan Melatih Burung Parkit Paruh Bengkok

Burung Kicau Nusantara - Burung parkit merupakan salah satu burung dari keluarga paruh bengkok, burung paruh bengkok merupakan burung yang di kenal sangat pintar dikarena bisa di latih untuk menuruti perintah si pemiliknya cotohnya kakak tua, lovebird dan begitu juga dengan burung parkit. Hal yang bisa dilakukan oleh para penghobi burung parkit adalah melatihnya untuk menaklukkan halang rintang, bermain basket, bermain bola, menghitung dan yang lainya.

Untuk melatih burung paruh bengkok khusus burung parkit, kita harus telaten dan tekun, karena pada dasarnya burung paruh bengkok / parkit karakter aslinya cenderung liar dan galak. Ini bis dilihat ketika kita memegang burung parkit, terkadang burung parkit tersebut suka menggigit, hal ini karena burung parkit masih belum jinak. Untuk melatih burung parkit atau burung paruh bengkok yang lain syarat utamanya adalah harus jinak, karena jika burung sudah jinak maka burung akan mudah di kendalikan, termasuk juha dilatih dengan berbagai permainan dan atraksi dan gerakan akrobatik.

Dalam tahap menjinakan memang diperlukan kesabaran yang besar, apalagi bila burung yang akan dijankan sudah berumur remaja ata dewasa. Umur yang ideal untuk menjinakan burung parkit atau burung paruh bengkok lainya sebaiknya di mulai sejak dini atau piyik atau maksimal berumur 4 sampi 6 bulan.


Hal yang dilakukan para pelatih burung parkit yang sudah berpengalaman, biasanya melakukan Wing Clipping terdahulu untuk cara Wing Clipping bisa di lihat baca pada postingan di  Tips Wingclipping yang baik dan Manfaat Wingclipping pada burung yang akan dilatih ini bertujuan agar burung tidak bisa terbang jauh. Untuk melakukan Wing Clipping bisa di lakukan dengan cara menggunting 6 bulu sayapnya. Jika anda memiliki beberapa burung parkit, sebaiknya disatukan dalam kandang atau sangkar yang sama, setiap sangkar berisi 3 sampai 4 ekor burung parkit, ini di karenankan pada dasarnya burung parkit di alam liarnya suka hidup berkelompok.

Berdasarkan yang sudah berpengalam melatih burung parkit biasnya akan menempatkan burung yang sudah jinak pada sitiap kandang koloni tersebut. Burung tersebut berfungsi sebagai master, yang dapat membantu memancing burung parkit yang lainy agar cepat jinak.

Hal ini terjadi karena biasanya burung yang sudah jinak ketika kita diberi makakan dengan tangan maka burung tersebut akan mendekat dan akan mengabil langsung di tangan kita, maka burung yang baru akan melihat kebiasaan si burung yang sudah jinak, dan kelamaan burung tersbut juga akan mengikuti burung parkit yang sudah jinak tersebut. Hal ini di lakukan secara rutin, sampai burung terbiasa melihat tangan kita memberi makan, meskipun burung sudah mulai jinak, jangan lupa bahwa sebenarnya karakter burung tersbut adalah suka menggigit. Karena itu menghindari gigitan kita bisa memberikan, stik kayu kecil seukuran sumpit mie supaya burung bis mengigit-gigit stik tersebut dan lama-lama burung tersebut akan bosan dan akan memilih makanan yang kita berikan dengan tangan.

Ketika burung sudah mulai akrab dengan tangan kita yang memberi makan dan sudah mau makan dengan tanga kita, burung bisa di keluarkan dari sangkar, akan tetapi jangan lupa untuk melakukan Wing Climping terlebih dahulu agar burung tidak terbang jauh. Letakkan burung pada tangkringan di luar kandang, anda bisa
membuat sendiri atau membeli di tempat aksesoris burung. Saat burung berterngger berikan makan dengan tangan kita secara langsung pula. Ini juga masih dalam proses penjinakan biasanya hal ini akan membutuhkan waktu 10 hari sampai 2 minggu.

Ketika burung sudah jinak maka burung tersebut tidak akan terbang jauh meskipun bulu yang di Climmping sudah tumbuh normal, setelah burung benar-benar sudah jinak tahap berikutnya adalah melatih burung tersebut.

Proses Melatih Burung Parkit
Untuk melatih awal burung parkit bisa di mulai dengan melakukan naik tangga kecil, dan diajari memutar dengan cara sambil memberi makan burung tersebut. Atau anda bisa juga melatih dengan metode memanggil burung tersebut dari jarak tertentu kemudian burung akan menghampiri anda istilah ini populer dengan sebutan play to me.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikan tadi sedikit informasi mengenai Cara Menjinakan dan Melatih Burung Parkit Paruh Bengkok yang bisa kami sampaikan semoga dengan sedikit informasi ini bisa bermanfaat buat anda semua, kami juga akan selalu update informasi menarik lainya secara berkala.

0 Response to "Cara Menjinakan dan Melatih Burung Parkit Paruh Bengkok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel