-->

Perawatan kacer sebelum dan saat lomba

Burung Kicau Nusantara - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengikutkan burung kacer kita untuk lomba, artikel yang akan admin sampaikan ini berdasarkan dari berbagai sumber. Yang perlu diperhatikan sebelum burung diikutkan lomba sebaiknya kita lebih terdahulu mengetahui siapa burung kita dan siapa saja burung lawan kita. Dalam hali ini kita harus benar-benar mengetahui siapakah burung kita itu. Pastikan burung kita sudah benar-benar siap untuk turun diperlombaan, dan perhatikan pengalaman tarungnya selama mengikuti lomba. Burung kicau yang sudah siap lomba adalah burung yang kondisinya fit dengan bulu yang cukup tua ( yatiu tidak habis mabung kira-kira 2 bulan setelah mabung), dan mempunyai senjata andalan. Apabila burung kita tidak dalam keadaan fit, sebaiknya kita tidak mengikutkan lomba, karena hal itu akan membuang-buang tenaga, waktu dan uang tentunya. Dan juga, jika burung kita tidak memiliki senjata andalan yaitu dalam hal suara/volume, irama/lagu serta gaya, sebaiknya kita juga tidak mengikutkan lomba. Akan tetapi hal yang palng utama adalah irama atau lagu.

Burung kicau yang sudah fit pun, juga tidak langsung serta merta dikiutkan untuk lomba, melainkan harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Yang paling utama sebelum burung diikutkan lomba yaitu mengkarantina burung agar tidak melihat dan mendengar suara burung kicau lain
minimal selama 1 minggu atau 7 hari, hal ini dilakukan agar burung mempunyai stamina dan power cadangan saat di arena lomba. Dalam 1 minggu perlu penanganan khusus, yaitu melakukan penjermuran antara jam 09:00 sampai jam 11:00 hal ini dilakukan untuk mempernjang atau memperkuat nafas. Kebanyakan orang malah menjemur dari pagi sampai sore taukah anda hal ini malah akan merusak bulu  menjadi pecah-peceh dan kusan dan yang lainya.

perawatan sebelum lomba, tips perawtan kacer sebelum lomba, perawatan kacer sebelum konte
Penjemuran yang seperti dijelaskan diatas itu dihentikan 2 hari sebelum burung kcaer dilombakan. Burung tetap dilakuka perawatan seperti biasanya, hanya saja ketika burung sehabis dimandikan, dijemur pagi hari, lantas diangin-anginkan dan kemudian langsung dikerodong, bertujuan agar burung tidak terlalu banyak berkicau yang nantinya bisa membuang banyak tenaga.

Banyak para kicau mania yang memberikan makanan tambahan untuk burung yang dipersiapkan untuk lomba. Dalam memberikan makanan ini pun juga di atur jenis dan juga porsinya. Misalnya seperti burung yang biasnya diberikan 1 sendiok kroto, maka burung yang akan ikut lomba diberikan kroto 2 sendok. Atau juga yang biasanya burung tidak diberi kelabang maka burung yang ikut lomba ada yang memberinya kelabang 1 sampai 2 hari sebelum lomba. Akan tetapi menurut saya, cara ini sebaiknya tidak dilakukan, karena dengan perubahan makanan baik jenis atau porsi ini akan mengakibatkan perubahan pada penampilan burung tersebut. Dengan adanya perubhan menu, akan menjadikan burung sangat agresif dan hanya bergerak-gerak akan tetapi pelit untuk berkicau.

Faktor yang juga perlu diperhatikan jika burung kcaer kita akan diikutkan lomba adalah mengetahui tentang burung lawan-lawan kita. Jika anda melihat burung calon lawan kita yang sudah punya nama karena burung tersebut bagus. Kemudian tanyakan pada diri kita sendiri apa tujuan utama anda mengikuti lomba tersbut. Jika tujuan anda ingin menjuarai lomba tersebut, maka  urungkan niat anda jika burung anda tidak mampu mengungguli lawan-lawan anda. Akan tetapi jika niat anda ingin mengetes atau menguji coba burung anda,, silahkan saja ... Nothing to lose.

Dan dalam mengikuti lomba anda juga harus mengetahui tentang lomba tersebut apakah sekala lomba tersebut sekala nasional maupun internasional. Jika lomba tersebut adalah sekala nasional keatas maka pastikan bahwa burung anda sudah pernah menjuarai lomba atau anda baru saja mendapatkan burung kacer yang mempunyai bakat dan kualitas yang bagus. Selain itu anda juga harus memperhatikan event atau lomba apakah yang kita hadapi tersebut apakah biasa saja atau luar biasa. Biasa dan luar biasa itu terkait dari pengetahuan kita atas penyelenggara atau personel para juri. Biasanya penyelenggara lomba yang memliki kredilitas tinggi, tidak akan sembarangan dalam memilih juri. Juri-juri yang ada di lomba atau event besar biasanya tidak silau oleh  gebyar sangkar atau penampilan para pemilik burung. Juri-juri di lomba besar, benar-benar menilai berdasarkan pada kinerja burung dan bukan kondisi sangkarnya. Bukan berarti bahwa juri pada lomba biasa-biasa saja tidak selektif. Sama sekali tidak, hanya saja dengan mengetahui event atau lomba yang apakah yang kita ikuti ini, maka ini dapat membuat kita siap mental pada saat terjadi apa-apa dalam hal penjurian.

Faktor berikutnya adalah lokasi atau tempat dimana lomba akan diadakan, jika lomba diadakan dengan jarak tempuh yang jauh dan memerlukan waktu perjalanan darat sampai 2
jam, sebaiknya anda datang sehari sebelum lomba di mulai. Hal ini dilakukan agar burung mempunyai waktu istirahat yang cukup sebelum burung turun di arena lomba. Lihat kondisi lapangan yang akan di lakukan untuk lomb, apakah arena tersebut tertutup rimbunya pepohonan/ditutup tenda atau terbuka dari sinar matahari. Pastikan burung anda bisa beradaptasi dengan arena lomba tersebut. Perhatikan kapan lomba itu akan diadakan jika cuaca berangin pastikan anda menggunakan sangkar yang berat agar sangkar burung anda tidak berayun-ayun saat lomba, dan pastikan tidak ada daun yang masuk kedalam sangkar saat lomba karena ini akan membuat burung macet bunyi.

Hal yang harus di perhatikan pada saat lomba burung dimulai:
  1. Jangan menggantang sangkar di sembarang tempat pastikan tempat menggantang sangkar tidak ada semut atau serangga yang menganggu.
  2. Jangan tinggalkan burung di kasawasan lomba tanpa pengawasan.
  3. Jangan berteriak-teriak pada saat mulai lomba karena akan membuat saura kicau burung tidak terdengar dengan jelas oleh juri, karena terikan anda.
  4. Pastikan anda tidak meninggalkan makanan, kecucali air minum saat buurng mulai digantang di arena lomba.
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google 

Demikan tadi informasi mengenai Perawatan kacer sebelum dan saat  lomba yang bisa Burung Kicau Nusantara sampaikan semoga dengan sedikit informasi ini bisa bermanfaat buat kicau mania semunya.

TAg : perawatan kacer menjelang lomba, setingan kacer sebelum lomba, agar kacer tampil ngotot, setelan kacer yang pas, setelan kacer mbagong, setingan kacer juara, perawatan harian kacer lomba, kacer lomba giras.
Baca Juga :

0 Response to "Perawatan kacer sebelum dan saat lomba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel