-->

Burung Perling Ungu Si Burung Metal dari Timur Indonesia

Burung Kicau Nusantara - Burung perling ungu atau  nama latinnya Aplonis Metallica merupakan burung yang bisa di temukan di wilayah timur indonesia seperti di Maluku, Nusa Tenggara dan kepulauan Salu burung perling ungu ini juga tersebar di Australia.

Burung perli ini berhabitat di lahan perkebunan, lahan pertanian, hutan mangrove dan tepi hutan. Burung perli ini memiliki postur yang gagah dengan panjang tubuh antara 23 sampai 25cm, dengan warna mata merah menyala dan mempuyai warna bulu hijau, hitam dan lembayaung ungu yang mengkilap/metalik.
perling ungu mata merah,burung perling ungu,harga burung perling ungu


Burung perling ungu ini juga memiliki paruh yang lurus,kuat dan tajam burung perli mempunyai tungkai kaki (shank) yang panjang. Dengan makanan utama berupa buah-buahan serangga dan iverbrata.
perling ungu mata merah,burung perling ungu,harga burung perling ungu

Burung perling ungu muda memiliki bulu berwarna putih di bagian bawah tubuh, dengan pola coretan hitam dan cokelat. Di Pulau Baru burung perling ungu ini biasa di temukan di daerah dengan ketinggian 700m dari permukaan laut.Di Seram, burung perli ungu ini bisa ditemukan di daerah dataran berketinggian 300m dari permukaan laut. Sementara juga dapat di jumpai pulau Halmahera yang banyak ditemukan di kaki perbukitan berketin dengan ketinggian 250m di atas permukaan laut.

Perling ungu ini memliki ciri saura kicau yang lantang dan juga bisa meniru suara burung kicau lainya. 

Ada 5 species burung perling ungu ini yaitu :
 
  1. Aplonis Metallica Metallica : Banyak tersebar di kepulauan Aru, Papua, Maluku dan Wilayah timu laut Australia (Queensland timur laut).
  2. Aplonis Metallica Circumscripta : Banyak tersebar di Nusa Tenggara termasuk wilyah timur Sunda Kecil.
  3. Aplonis Metallica Nitida : Banyak tersebar di kepulau Solomon dan Kepulauan Bismarck kecuali wilayah barat laut.
  4. Aplonis Metallica Purpureiceps : Banyak tersebar di Kepulauan Admiralty
  5. Aplonis Metallica Inornata : Tersebar di wilayah utara Teluk Cendrawasih (barat laut papua), Pulau Biak, dan pulau Numfor.

Burung perling ungu sering hidup berkelompok, bahkan sampai membuat sarang juga berkelompok sarang burung perli terbuat dari dau pinus, kulit kayu dan juga ranting-ranting pohon, sarang berbetuk seperti mangkuk dengan pintu masuk di samping . Dalam satu musim perkembang biak dapat ditemukan 4 sampai 200 sarang yang tergantung di pohon-pohon.

Burung perling ungu termasuk burung yang mudah dijumpai karena hidup berkelompok bisa sampai ratusan ekor, bahkan juga sering bergabung bersama burung lain seperti perling maluku, perling mata kuning dan walik.


Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

TAg : perling mata merah, makanan burung cucak keling, perling kumbang jantan, suara burung perling, harga burung perling, donload suara cucak keling gacor, perling raja, burung perling kumbang.
Baca Juga :

0 Response to "Burung Perling Ungu Si Burung Metal dari Timur Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel