-->

Tips Perawatan Burung Bakalan Ombyokan Tangkapan Liar

Burung Kicau Nusantara - Hal yang paling menjadi para kicau mania kebanyakan adalah bagaimana jika kita mau memelihara burung bakalan yang baru di dapat dari liar atau baru di beli dari toko atau pasar burung ombyokan, karena biasanya burung baru di beli atau di dapat dari alam liar mempunyai kesulitan tersindiri dalam memiliharanya, bagaimana tidak? burung yang baru di beli terlebih baru didapat dari alam liar pada umumnya belum bisa makan voer sendiri, jangankan burung agar bisa makan voer untuk mempertahankan hiduo burung bakalan saja tergolong susah jika tidak serius.
Keyword : 
  • cara menjinakan pleci dengan cepat
  • cara merawat pleci ombyokan agar cepat gacor
  • cara merawat pleci bakalan agar cepat bunyi
  • cara menjinakan pleci dada kuning

Dalam tips perawatan kali ini agar burung yang kita beli atau ditangkap dari alam liar bisa bertahan HIDUP dahulu, karena untuk burung bisa makan voer sendiri bisa memerlukan waktu yang lumayan lama bisa 1 minggu, 2minggu , 1bulan dan seterusnya.

kicau burung , burung kicau, jual burung kicau


Dan jangan berharap pleci akan segera berbunyi, karena paling tidak kira kira 3 bulan burung pleci baru mau ngriwik ( dalam hal tertentu ada yang sebelum 3 bulan ), makanya saya bingung sendiri, ada yang bertanya pleci baru rawatan 2 minggu kok sudah minta berbunyi, bisanya cuit cuit aja. TIDAK ADA YANG INSTAN DALAM DUNIA BURUNG  ( ada joke yang mengatakan kalo beli ombyokan sekarang , lomba nya bisa 5 tahun ke depan, he he ) , burung mapan minim perawatan setahun...

Penjinakan
Penjinakan ini sangat penting dilakukan, karena burung akan berani berkicau jika burung tersebut nyaman dikandang, salah satunya adalah karena burung sudah jinak.

Faktor yang mempengaruhi dan mempercepat penjinakan antara lain :
Pemilihan kandang.
Semakin kecil kandang, semakin tidak banyak gerak, sehingga akan mempercepat proses penjinakan.

Secara umum bila burung bakalan kicauan anda hanya diberi makan dan minum tanpa perawatan khusus maka burung kicauan anda akan lama jinaknya oleh sebab itu dibutuhkan tips tertentu agar lebih cepat jinak, diantaranya adalah:


  • Pada hari pertama anda mendapatkan burung pastikan burung bakalan mau makan, karena kalau tidak mau makan berarti burung anda tidak ada niatan untuk hidup. dan yang jelas anda harus tau makanannya apa? bedakan burung pemakan serangga dengan buah buahan oleh sebab itu berikan makanan yang sesuai dengan makanan kesukaannya.. Berikan pakan yg hidup yang bergerak dulu, misal ulat hongkong, ulat kandang / balap, jangkrik kecil, sehingga burung pleci akan  melihat ulat yang bergerak dan akan merangsang untuk memakan nya  ( tidak di anjurkan member i kroto, karena tidak bergerak )., boleh di berikan buah buahan yg di senangi pleci, boleh kasih madu dalam cepuk kecil atau air gula.
  • Letakkan burung ditempat yang sering dilalui manusia agar lebih cepat manusiawi alias cepat beradaptasi dengan manusia. Pertama kali burung pleci akan giras dan glabagan sampai menimbulkan luka, hal ini tidak apa apa , untuk melatih pleci tersebut.
  • Buat burung pleci anda lapar sehingga burung akan bergantung dengan anda namun jadwal memberi makan harus diatur. misalnya pagi diberi jangkrik kecil / ulat 3 ekor setelah itu biarkan sampai siang setelah jam 12 beri lagi 2 ekor jangkrik kecil / ulat sampai sore jam 5 beri lagi jangkrik/ ulat  3 ekor. lakukan sampai beberapa hari agar burung liar anda bergantung dengan anda saat  lapar, setelah seminggu dijamin burung anda akan mendekati anda bila dia lapar.
  • Setelah melewati masa 1 minggu dari masa perawatan anda mendapatkan burung liar, maka sudah bisa dipastikan bahwa burung liar anda ada niatan untuk hidup. selanjutnya mulai bisa diatur perawatan lebih khusus diantaranya adalah melakukan pemandian. pada hari ke 8 Setelah diberi jangkrik 1 ekor saja mandikan burung dengan cara disemprot perlahan dari posisi atas sangkar. setelah disemprot atau dimandikan jemur burung, setelah terlihat kering berikan 2 ekor lagi jangkrik/ ulat..
  • Jangan biasakan memberi makan burung dengan tangan hal ini agar burung anda nanti tidak manja. jadi, letakkan jangkrik / ulat selalu di tempat pakannya. Lakukan perawatan pemandian dan pengaturan makan secara rutin, setelah 2 minggu perawatan biasanya burung telah jinak dan bergantung anda dalam  hidupnya. Setelah burung jinak maka tinggal menunggu saja burung kicauan anda pasti akan segera bertengger atau bunyi.
  • Bila anda ingin burung liar anda mau makan voer hal ini butuh proses agak lama lebih kurang 1 bulan. caranya dengan mencampurkan vour dengan ulat kandang / ulat hongkongatau dengan kroto. lakukan secara berturut turut dalam waktu 2 mingguan burung anda sudah terlihat kotorannya bercampur warna vour hal ini menandakan burung anda telah makan vour. , atau bisa mencampurkan pisang di potong kecil di masukkan ke tempat voer dan di lumuri voer tsb.Supaya burung pleci mau makan boleh di campur dengan pleci lain yg sudah makan voer atau yang sudah kita rawat, setelah kelihatan mau makan, boleh di pindah sangkar lain.
  • Untuk 1 minggu pertama sebaiknya tidak di kerodong, setelah agak lama boleh belajar memakai kerodong, di mulai dengan kerodong tipis atau yg berwarna putih.
  • Biarkan sangkar nya kotor se jorok jorok nya selama 2 minggu pertama, karena kotoran bagi burung adalah penanda itu adalah daerah teritorial nya, sehingga pleci akan segera merasa nyaman dalam rumah nya yang baru. setelah itu rutin di bersihkan setiap hari, 3 hari sekali, dst...
  • Tidak lupa untuk menambah variasi suara pleci kita , boleh dilakaukan pemasteran dengan mesin ( untuk pemasteran silahkan baca di CATATAN pemasteran burung pleci )
Catatan : Faktor yang terpenting agar burung bisa menjadi sesuia yang kita inginkan adalah perawatan yang rutin dan terjadwal.
kicau burung , burung kicau, jual burung kicau
Sumber referensi  : dari berbagai sumber omkicau.com,wikipedia.org , blog dan web di google

Semoga sedikit artikel mengenai  Tips Perawatan Burung Bakalan Ombyokan Tangkapan Liar ini bisa bermanfaat bagi para kicau mania semuanya. Nantikan postingan kami berikutnya yang akan kami udpdate secara berakala untuk anda semuanya.

TAg : cara merawat pleci bakalan agar cepat ngalas, pleci ombyokan jantan, pleci ombyokan mp3, cara menjinakan pleci yang giras
Artikel Terkait :
Cara memilih bakalan murai yang baik
Cara memilih bakalan cucak jenggot yang bagus
Tips Cara Memilih Bakalan Burung Cucak Hijau

0 Response to "Tips Perawatan Burung Bakalan Ombyokan Tangkapan Liar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel