Macam-Macam Burung Kedasih Yang Tersebar di Indonesia

Burung kedasih adalah burung yang memiliki ukuran tubuh kurang lebih 21cm , burung ini biasa ditemukan di area pedesaan dan burung ini memiliki banyak sebutanya antara lain banyak orang menyebutnya dengan sebutan burung Kedasih, Wiwik Kelabu, Kedasi,sirit uncaing atau juga manuk uncaaing dan masih banyak lagi sebutan-sebutanyan.
Burung kedasih atau Wiwik ini merupakan anggota burung jenis anggota atau Cuculidae merupakan suku Kangkok, dan berikut ini adalah macam jenis burung kedasih yang banyak tersebar di Indonesia di antaranya:

1. Wiwik Uncuing
Burung Uncaing ini banyak tersebar di pedesaan, perkebunan dan tepi hutan dalam ketinggan 130 Meter di atas permukaan air laut dan burung ini memiliki suara "Wii Pii wiit" seperti orang yang lagi menyiul biasnya dan suaranya akan di ulang-ulang 10 sampai 25 kali.

Ciri-Ciri Burung Wiwik Uncuing :

Pada burung Wiwik Uncuing dewasa biansanya memiliki punggung, ekor dan sayap berwarna coklat keabu-abuan dan memiliki kepala berwarna abu-abu, dan memiliki warna lingkar mata berwarna kekuning-kuningan.
Burung ini biasanya mencari makan berupa belalang,ulat dan serangga kecil lainya.
wiwik uncuing

2. Burung Wiwik Kelabu
Burung Wiwik Kelabu ini biasa tersebar di  bali,kalimantan, jawa, sumatra unutk Indonesia sedangkan unutk luar Indonesai banyak di temukan di daerah Cina, filiphina dan India, burung ini  bisa di temukan di daerah pinggiran hutan, perkebunan dan pedesaaan.
Ciri Burung Wiwiwk Kelabu Dewasa :
Bisanya pada Wiwik Kelabu dewasa akan memiliki warna sawo matang pada bagian ekor dan punggungnya dan memiliki kepala yang berwarna abu-abu,burung sementara untuk burung Wiwik Kelabu muda dapat dilihat di tubuh bagian atas biasanya untuk Wiwik Kelabu Muda akan memiliki warna coklat yang bergaris-garis hitam dan tubuh bagian bawah berwarna putih, mirip wiwik lurik tapi tanpa garis mata.

Sam pada burung Kedasih lainya burung ini juga mencari makan berupa ulat , belalang dan serangga kecil lainya.
wiwik kelabu
Berikut ini Video burung Wiwik Kelabu yang saya ambil dari Youtubem-->




3. Burung Wiwik Lurik


Burung Wiwiki Lurik ini banyak tersebar di jawa, bali kalimantan dan Sumatera, burung wiwik lurik ini biasa di temukan di perdesaan, hutan di bagian tepi dan daerah perkebunan, burung Wiwik Lurik ini biasa mencari makan berpua serangga kecil , ulat , kupu-kupu dan belalang.

Pada brung Wiwik Lurik dewasa memiliki tubuh bagian atas berwarna coklat dan putih di bagian bawah tubuhnya. 
wiwik lurik,wiwik kelabu,wiwik hitam


Berikut ini saya sertakan video Wiwik Lurik


4. Burung Kedasih Hitam


Burung kedasih hitam ini merupakan burung yang lain dari burung kedaih lainya karena biasanya burung kedasih memiliki warna pada bulunya berupa coklat dan putih tapi tidak demikian dengan kedasih hitam burung ini di dominasi dengan warna bulu yang berwarna hitam.

Tapi walaupun burung ini memiliki warna berbeda tapi burung ini tetap sama dalam mencari makannya yaitu berupa ulat, kupu-kupu, belalang dan serangga kecil laninya.








kedasih hitam,kedasih lurik,kedasih kelabu


Burung ini banyak tersebar di sulawesi , jawa, bali dan sumatra.

Demikan tadi sedikit informasi mengenai burung kedasih yang banyak tersebar di Indonesia semoga aritikel yang sedikit ini bisa menjadi tambahan wawasan kita mengenai burung.

Salam Kicau Mania



Category Article

3 Responses to “Perawatan Aneka Burung Kicau Dan Ayam ”

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.